7 Situs Jurnal Ilmiah Untuk Referensi Mahasiswa Tingkat Akhir

Afif Dalma
June 26, 2022
8 Comments
7 Situs Jurnal Ilmiah Untuk Referensi Mahasiswa Tingkat Akhir

Tantangan terbesar sekaligus terberat yang harus dihadapi oleh mahasiswa adalah menyusun skripsi atau tugas akhir. Untuk menyelesaikan skripsi maupun tugas akhir, tentunya mahasiswa membutuhkan banyak referensi.

Oleh karena itu, tak heran kalau banyak mahasiswa yang mencari referensi jurnal di situs-situs jurnal ilmiah nasional maupun internasional. Selain itu, jurnal juga diperlukan sebagai dasar untuk membuat tesis, disertasi, artikel ilmiah, buku, abstark, dan lain sebagainya.

Berikut 10 rekomendasi situs jurnal nasional dan internasional gratis untuk referensi mahasiswa tingkat akhir.

1. Google Scholar

Mungkin situs Google Scholar sudah tidak asing lagi di telinga teman-teman mahasiswa. Bagaimana tidak, Google Scholar memiliki cara kerja dan fungsi yang sama seperti mesin pencari Google. Hanya saja, bedanya hasil pencarian di Google Scholar berisi tentang berbagai referensi ilmiah, baik itu buku, artikel, jurnal, dan lain sebagainya.

Perlu diketahui, Google Scholar merupakan situs jurnal internasional milik perusahaan Google. Setiap hasil pencarian karya ilmiah dilengkapi dengan keterangan mengenai berapa kali karya tersebut dikutip dan dirujuk, serta rekomendasi artikel terkait. 

Kerennya lagi, Google Scholar memiliki fitur filter yang memungkinkan penggunanya mencari jurnal berdasarkan tahun penerbitan dan juga relevansi topik. Tentunya ini sangat membantu ketika mahasiswa perlu mencari jurnal beberapa tahun terbaru.

2. Academia.edu

Situs Academia.edu biasanya lebih dikenal dikalangan dosen atau peneliti. Pasalnya, situs ini sering kali digunakan untuk mencari referensi penelitian yang sama dengan penelitian yang sedang dilakukan.

Meski begitu, banyak juga mahasiswa yang mencari referensi ilmiah melalui academia.edu, karena situs ini menyediakan ratusan tesis, jurnal ilmiah, hingga skripsi secara internasional. Oleh karena itu, situs ini cocok untuk dijadikan referensi mengerjakan skripsi.

Namun, untuk dapat mengakses academia.edu, pengguna perlu login terlebih dahulu menggunakan akun Google atau Facebook. Situs ini bisa diakses secara gratis, tapi academia.edu juga menawarkan fitur premium yang berbayar.

3. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas)

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) adalah sebuah Lembaga Pemerintah Nonkementerian yang melaksanakan tugas pemerintahan dalam bidang perpustakaan yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden.

Perpusnas memiliki website dengan alamat www.perpusnas.go.id yang memungkinkan pengguna mencari semua koleksi publik dari perpustakaan, museum, arsip, dan sumber elektronik di Indonesia.

Situs ini bisa dijadikan referensi bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Selain itu, situs Perpusnas juga menyediakan jutaan buku, jurnal, tesis, dan lain sebagainya.

4. Oxford Academic

Bagi yang sedang mencari referensi jurnal berbahasa Inggris, bisa mengunjungi situs Oxford Academic. Untuk yang belum tahu, situs ini merupakan miliki universitas terbaik dunia, yakni University of Oxford.

Situs ini bisa diakses secara gratis oleh mahasiswa, dosen, maupun para peneliti yang ada di penjuru dunia. Semua jurnal maupun karya ilmiah yang terdapat di situs ini pun tidak diragukan lagi kredibilitasnya. Tak hanya itu, pengguna juga dapat mengunduh berbagai jurnal ilmiah yang tersedia di situs Oxford Academic. 

5. Researchgate

Situs jurnal ilmiah berikutnya yaitu researchgate.net yang juga bisa diakses secara gratis oleh pengguna. Namun, pengguna disarankan untuk mendaftar terlebih dahulu sebelum mengunduh jurnal yang tersedia di situs ini. 

Hal ini lantaran situs researchgate juga merupakan tempat berkumpulnya para peneliti. Dengan mendaftar, maka pengguna dapat mengupload serta berbagi jurnal ke pengguna lainnya. Situs ini sangat direkomendasikan untuk para mahasiswa yang sedang mencari referensi jurnal ilmiah untuk membuat skripsi.

6. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

Mahasiswa juga bisa mencari referensi jurnal di situs nasional milik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Situs ini menyediakan lebih dari 16 ribu jurnal ilmiah yang bisa diakses secara gratis oleh penggunanya.

LIPI sendiri merupakan lembaga non pemerintahan yang bergerak di bidang keilmiahan. Tak hanya menyediakan jurnal berbahasa Indonesia, pengguna juga bisa menemuka jurnal yang ditulis menggunakan bahasa Inggris. Jurnal yang ada di situs tersebut bisa diunduh secara gratis.

7. SINTA – Science and Technology Index

SINTA merupakan sebuah situs atau portal yang dikembangkan dan dikelola oleh Ristekdikti Republik Indonesia. Situs ini cukup terkenal dengan menu Author yang termampang di bagian atas website. Dengan begitu, pengguna bisa mencari jurnal penelitian berdasarkan penulisnya.

Pengguna bisa mendaftar terlebih dahulu sebelum mencari referensi jurnal. Adapun syarat untuk registrasi di Portal Sinta yaitu cukup mengisi email dan beberapa identitas diri, seperti nama lengkap, status, Instansi tempat kerja, Jabatan, dan lain sebagainya.


Nah itulah 7 rekomendasi situs jurnal ilmiah terbaik untuk mahasiswa tingkat akhir. Semoga artikel ini bisa membantu teman-teman mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi atau tugas akhir. Tetap semangat, ya!

  1. RaNuy

    Waaahh, ternyata ada banyak ya buat nyari referensi. Karena lebih banyak yang mengandalkan Perpusnas, kupikir perpusnas doang yang terpercaya. wkwk
    Btw, makasih infonya, Kak!

    Reply
  2. RaNuy

    Waaahh, ternyata ada banyak ya buat nyari referensi. Karena lebih banyak yang mengandalkan Perpusnas, kupikir perpusnas doang yang terpercaya. wkwk
    Btw, makasih infonya, Kak!

    Reply
  3. audri

    Beberapa diatas waktu skripsi tahun lalu memang jadi referensi aku banget, apalagi apa yang dicari langsung banyak banget yang muncul. Jadi bisa milih dan jadi pilihan untuk cari jurnal..

    Reply
  4. Uniek Kaswarganti

    Sip, terima kasih ya Mas Afif untuk sharingnya. Anakku baru masuk kuliah nih, tapi pasti suatu saat bakalan butuh situs jurnal ilmiah ini untuk mengerjakan tugas maupun sebagai referensi saat menyusun skripsi.

    Reply
  5. Melati Octavia

    Terimakasih listnya saya butuh banget ni buat proposal penelitian buat beasiswa ..

    Reply
  6. Nunik Utami

    Wah ini info penting. Kukasih tau anakku ah, biar nanti kalo udah masanya bikin skripsi bisa lebih mudah

    Reply
  7. Nabilla DP

    jadi keinget itu juga selalu menjadi website andalan saat ngerjain tesis dan skripsi dulu kak haha.. lumayan untuk baca2 penelitian terbaru agar memperkaya tulisan

    Reply
  8. Mutia Nurul Rahmah

    penting sekali ini, apalagi buat teman-teman yang sedang menggarap tugas akhir, aku dulu ga sebanyak ini akses jurnal eheh

    Reply

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)