Teknologi Tips

Inilah 5 Cara Mengatasi Laptop ASUS yang Lemot Paling Mudah

Afif Dalma Afif Dalma
November 23, 2023
0 Comments
Home
Teknologi
Tips
Inilah 5 Cara Mengatasi Laptop ASUS yang Lemot Paling Mudah
https://www.pexels.com/id-id/foto/meja-tulis-laptop-kantor-kaca-5793953/

Bagi Anda di rumah yang mendapati permasalahan kinerja laptop ASUS yang tiba-tiba berjalan lambat atau lemot, maka wajib untuk mencari tahu solusi cara mengatasi laptop ASUS yang lemot tersebut. Hal ini penting dilakukan, agar perangkat laptop yang Anda gunakan bisa bekerja dengan lancar dan dapat digunakan untuk menunjang pekerjaan sehari-hari. Penasaran kira-kira apa saja tips mudah dalam mengatasi permasalahan laptop ASUS yang berjalan lemot, simak informasi selengkapnya di ulasan berikut ini.

Bagaimana Cara Mengatasi Laptop ASUS yang Lemot?

Pada dasarnya, laptop yang berjalan lambat / lemot menjadi salah satu permasalahan yang umum dialami oleh para pengguna. Permasalahan laptop satu ini, biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti halnya adanya virus / malware di laptop, hardware laptop yang sudah usang, tidak adanya ruangan hard drive yang kosong dan lain-lain. Sebelum membawa ke tempat service laptop terdekat, Anda bisa mengatasi permasalahan laptop ASUS yang lemot dengan beberapa cara mudah berikut ini.

1. Lakukan Restart Laptop

Upaya mengatasi permasalahan laptop ASUS yang lemot yang pertama, yakni bisa Anda lakukan dengan cukup melakukan restart perangkat laptop tersebut. Dengan melakukan cara ini, maka perangkat laptop Anda nantinya akan dapat berjalan dengan lebih ringan. Apabila Anda nantinya tidak menggunakan perangkat laptop tersebut dalam jangka waktu lama, maka bisa mematikan laptop tersebut dengan baik dan benar. 

2. Menghapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Apabila dengan melakukan proses restart laptop tidak juga membuahkan hasil, maka Anda dapat menerapkan tips kedua dengan menghapus aplikasi-aplikasi di laptop yang sudah tidak digunakan. Ini penting dilakukan, sebab terkadang banyak pengguna yang tidak tahu bahwa kapasitas penyimpanan memori laptop, khususnya pada memori RAM terbatas. Ketika Anda terlalu banyak memasang aplikasi di laptop, maka akan menjadikan kinerja perangkat menjadi lemot. 

3. Tingkatkan Kapasitas RAM Laptop

Cara lain mengatasi permasalahan laptop ASUS yang berjalan lambat dan lemot, bisa Anda lakukan dengan cara meningkatkan kapasitas RAM di perangkat laptop Anda. Dimana, cara ini bisa menjadi opsi alternatif apabila Anda tidak ingin menghapus aplikasi di perangkat laptop karena memang masih diperlukan. Sebelum meningkatkan kapasitas RAM laptop, sebaiknya Anda kenali dulu berapa kapasitas RAM yang dibenamkan oleh pihak pabrikan ke laptop Anda tersebut.

4. Cek Virus / Malware di Laptop

Seperti yang sudah sempat disinggung di awal pembahasan tadi, bahwasanya permasalahan perangkat laptop yang berjalan lambat juga bisa disebabkan karena adanya virus atau malware. Oleh karena itulah dalam hal ini, Anda bisa mengatasi masalah perangkat laptop yang berjalan lemot dengan mengecek ada atau tidaknya virus / malware di perangkat laptop Anda. Jika terdeteksi adanya virus atau malware di laptop Anda, maka Anda bisa segera melakukan tindakan. 

5. Rutin Membersihkan Cache 

Adapun tips lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan laptop ASUS yang lemot, yaitu dengan membersihkan cache dari aplikasi secara rutin. Sebab ketika Anda membiarkan cache dari aplikasi tersebut semakin lama semakin menumpuk, maka hal ini akan menyebabkan perangkat laptop Anda berjalan dengan lambat. Oleh karena itulah, Anda perlu untuk membersihkan cache secara rutin agar kinerja perangkat laptop Anda berjalan dengan lancar. 

Jadi, itulah tadi beberapa cara mengatasi laptop ASUS yang lemot paling mudah yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Apabila dari beberapa tips tersebut belum juga berhasil, maka solusi terbaik yang bisa Anda lakukan yakni dengan membawa ke tempat service laptop terdekat. 

Blog authors

Afif Dalma
Afif Dalma
I'm a fast learner individual who loves the world of technology, such as digital marketing, graphic design, blogging and programming.

No comments

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)