Pengetahuan

3 Cara Melihat Jumlah Pengguna WiFi Iconnet

Afif Dalma Afif Dalma
January 19, 2024
1 Comments
Home
Pengetahuan
3 Cara Melihat Jumlah Pengguna WiFi Iconnet

Bagi kamu yang menggunakan WiFi baik di rumah, sekolah, kampus, ataupun kantor, pastinya pernah mengalami sinyal WiFi menjadi lemot. Apabila jaringan internet tidak stabil tentunya dapat menghambat segala aktivitas daring.

Terlebih lagi kalau paket WiFi yang digunakan memiliki kecepatan rendah. Biasanya pihak provider membatasi pengguna maksimal 5-10 perangkat terhubung. Kasus seperti ini sering terjadi di berbagai provider WiFi, termasuk Iconnet. 

Salah satu penyebab sinyal WiFi jadi lemot yaitu karena banyak pengguna yang terhubung ke jaringan WiFi kita. Namun jangan khawatir, setidaknya ada tiga cara supaya kamu bisa mengetahui siapa saja yang memakai WiFi Iconnet milikmu. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Interface Router

Cara pertama untuk mengetahui jumlah pengguna WiFi yang umum digunakan yaitu melalui web browser. Apabila menggunakan mode Raisecom, IP umumnya adalah 192.168.1.1.

Masukkan username dan password untuk login ke perangkat modem. Untuk username dan password bawaan bisa kamu lihat di bagian belakang modem. 

Jika sudah login, selanjutnya pilih menu basic, lalu pilih interface kemudian pilih WLAN 2.4G, setelah itu klik Wireless Interface. Kamu akan melihat jumlah pengguna berupa alamat IP yang terkoneksi ke jaringan WiFi.

2. Command Prompt

Terdapat cara yang lebih simpel yaitu dengan menggunakan Command Prompt (CMD). Pertama-tama kamu harus membuka CMD dengan menekan shortcut Windows + R pada keyboard.

Jika kolom CMD sudah tampil langkah selanjutnya yaitu memasukkan perintah "net view". Kemudian ketikkan perintah arp -a. Maka sistem akan menampilkan informasi mengenai semua alamat IP yang terkoneksi dengan WiFi milikmu.

3. Aplikasi Fing

Cara yang terakhir yaitu dengan menggunakan aplikasi smartphone pihak ketiga bernama Fing. Aplikasi ini bisa kamu download secara gratis baik di Play Store maupun App Store.

Uniknya aplikasi ini mampu memberikan informasi tentang jenis device yang terkoneksi ke jaringan WiFi. Jika sudah terinstall selanjutnya buat akun baru lalu klik pindai perangkat.

Aplikasi Fing akan langsung memproses pemindaian tanpa memakan waktu lama. Informasi tentang router, WiFi, smartphone, laptop, dan device apapun yang terhubung ke jaringan kamu akan langsung ditampilkan sedetail mungkin.

Mengapa Kamu Harus Tahu Cara Mengecek Pengguna WiFi?

Tak sedikit pemilik WiFi yang cuek karena tidak mengecek jumlah perangkat yang terkoneksi ke jaringan. Padahal hal ini cukup vital, mengingat jumlah pengguna dapat mempengaruhi kecepatan internet dari WiFi itu sendiri.

Dan yang paling penting, dengan melakukan pengecekan WiFi kamu juga bisa menghindari adanya kecurangan dari pengguna yang tidak diundang. Kasus seperti pembobolan WiFi sudah marak terjadi, dan untuk mengantisipasi hal ini tentunya kamu harus selalu waspada.

Terlebih lagi kalau kamu berlangganan paket WiFi premium dan harus membayar mahal setiap bulannya. Pastinya kamu merasa kesal apabila ada orang yang seenaknya numpang menggunakannya secara cuma-cuma.

Meskipun begitu, koneksi WiFi yang tiba-tiba menjadi lemot belum tentu akibat dari banyaknya pengguna. Bisa jadi provider sedang mengalami gangguan atau cuaca buruk menyebabkan sinyal internet turun naik.

Oleh sebab itu, kamu harus mengetahui cara melihat siapa yang memakai WiFi kita. Gunakan beberapa metode di atas untuk menghindari terjadinya pembobolan WiFi dan untuk memastikan koneksi tetap stabil. 

Blog authors

Afif Dalma
Afif Dalma
I'm a fast learner individual who loves the world of technology, such as digital marketing, graphic design, blogging and programming.

1 comment

  1. Pena Buku
    Pena Buku
    January 23, 2024
    memang kita harus berhati-hati jika menggunakan WIFI
Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)