Informasi Timnas

Mengenal Istilah Pemain Diaspora, Naturalisasi dan Abroad dalam Sepak Bola

Afif Dalma Afif Dalma
March 03, 2024
0 Comments
Home
Informasi
Timnas
Mengenal Istilah Pemain Diaspora, Naturalisasi dan Abroad dalam Sepak Bola

Bagi sebagian besar pecinta sepak bola pastinya sudah tak asing lagi dengan istilah seperti diaspora, naturalisasi dan abroad. Ketiga istilah tersebut sedang hangat diperbincangkan di dunia persepakbolaan tanah air. Pasalnya saat ini Timnas Indonesia banyak diisi dengan pemain-pemain keturunan, yang mana itu merupakan proyek naturalisasi dari PSSI.

Meski begitu, tak hanya di sepak bola, istilah-istilah tersebut juga digunakan di bidang olahraga lainnya. Dan juga tak dapat dipungkiri kalau masih ada teman-teman penyuka olahraga yang masih asing dengan istilah di atas. Oleh karena itu artikel ini akan membahas tentang arti pemain diaspora, naturalisasi dan abroad dalam sepak bola.

1. Diaspora

Istilah pemain diaspora menjadi ramai diperbincangkan semenjak Shin Tae-yong menjadi pelatih Timnas Indonesia. Adapun pengertian diaspora adalah individu atau kelompok yang meninggalkan tanah airnya dan merantau ke penjuru dunia untuk menemukan kehidupan yang lebih baik.

Adapun dalam sepak bola misalnya, ada pemain yang bukan kelahiran Indonesia, tetapi punya peluang untuk membela Tim Garuda. Karena seperti diketahui bahwa Indonesia termasuk negara yang tidak menganut sistem kewarganegaraan ganda, sehingga pemain tersebut harus memilih satu negara yang akan dia bela.

Jika mengacu pada penjelasan ini, maka pemain diaspora Indonesia misalnya yaitu Pratama Arhan (bermain di klub Korea Selatan, Suwon FC), Marselino Ferdinan (bermain di klub Belgia, KMSK Deinze), Asnawi Mangkualam Bahar (bermain di klub Thailand, Port FC), dan beberapa pemain lainnya. Kemudian Elkan Baggott yang bermain di klub Liga Inggris juga bisa dikategorikan sebagai pemain diaspora, sebab dia memilih menjadi warga negara Indonesia (WNI) dengan cara memilih kewarganegaraan pada usia 19 tahun.

2. Naturalisasi

Kemudian ada istilah naturalisasi yaitu proses perubah atau perpindahan status kewarganegaraan dari warga negara asing (WNA) menjadi WNI dengan memenuhi syarat yang telah tercantum dalam undang-undang. Dalam sepak bola naturalisasi adalah pemain asing yang ingin mendapatkan status kewarganegaraan baru.

Adapun pemain Timnas Indonesia yang berstatus naturalisasi misalnya seperti Cristian Gonzales, Sergio van Dijk, Victor Igbonefo dan Greg Nwokolo. Sedangkan Sandy Walsh, Jordi Amat, Jay Idzes, Shayne Pattynama, Justin Hubner dan Ivar Jenner merupakan pemain keturunan Indonesia yang juga melewati proses naturalisasi.

3. Abroad

Selanjutnya ada juga istilah abroad yang juga sering disebut-sebut dalam sepak bola. Pengertian abroad merujuk kepada pesepak bola yang bermain di klub luar negeri (bukan negeri asalnya). Beberapa pemain abroad yang membela Timnas, salah satunya Marselino Ferdinan yang bermain di klub Belgia, KMSK Deinze.

Bagi para penggemar sepak bola tanah air, keberadaan pemain abroad sangat penting demi meningkatkan kualitas pemain Indonesia. Selain itu, pemain abroad juga bisa menjadi motivasi bagi para pemain lainnya. Pasalnya dengan bermain di luar negeri maka pemain merasakan manajemen klub dan fasilitas yang lebih baik dari liga lokal.

Demikianlah penjelasan mengenai pemain diaspora, pemain naturalisasi, dan pemain abroad. Semoga informasi ini bermanfaat bagi teman-teman semua.

Blog authors

Afif Dalma
Afif Dalma
I'm a fast learner individual who loves the world of technology include: digital marketing, graphic design, blogging and programming.

No comments

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)