Timnas

Piala Asia U-23 2024: Shin Tae Yong Catatkan Sejarah Baru!

Afif Dalma Afif Dalma
April 22, 2024
0 Comments
Home
Timnas
Piala Asia U-23 2024: Shin Tae Yong Catatkan Sejarah Baru!
Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia U-23 sebagai tim debutan berhasil melaju ke babak perempat final Piala Asia U-23 2024 untuk pertama kalinya dalam sejarah. Tim Garuda Muda lolos dengan menyandang status runner-up grup A dengan mengoleksi 6 poin, di bawah Qatar (7). Skuad asuhan Shin Tae Yong tampil sangat impresif di pertandingan grup A setelah memperoleh hasil dua kali menang dan satu kali kalah.

Di pertandingan pertama, skuad Garuda Muda harus mengakui keunggulan tuan rumah Qatar 2-0 setelah menerima beberapa keputusan kontroversial dari wasit Nasrullo Kabirov. Selanjutnya di pertandingan kedua, Timnas Indonesia U-23 berhasil menang tipis 1-0 atas Australia lewat gol tunggal yang dicetak Komang Teguh. Kemudian di laga terakhir yang juga menjadi laga hidup mati, tim asuhan Shin Tae Yong sukses mencukur Yordania dengan skor telak 4-1.

Lolosnya Timnas Indonesia ke babak perempat final Piala Asia U-23 merupakan sejarah baru dalam sepak bola Indonesia. Terlebih lagi ini merupakan kali pertama mereka berpartisipasi di turnamen tersebut.

Shin Tae Yong menjadi pelatih pertama yang berhasil menorehkan tren positif untuk tim Garuda Muda di babak fase grup Piala Asia U-23. Keberhasilan ini tidak hanya menandai perkembangan mereka sebagai tim, tetapi juga sebagai bukti kemajuan sepak bola di Indonesia.

Seperti diketahui, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memberikan dua target kepada Shin Tae Yong yang juga menjadi syarat untuk perpanjangan kontraknya. Kedua target tersebut yakni meloloskan Timnas Indonesia senior ke babak 16 besar Piala Asia 2023, serta membawa Timnas Indonesia U-23 lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024.

Dengan tercapainya kedua target tersebut, telah memastikan perpanjangan kontraknya hingga tahun 2027. Kontrak ini diumumkan setelah kesepakatan dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengakui kontribusi besar Shin Tae Yong sebagai pelatih pertama yang sukses mengantarkan tim senior maupun U-23, lolos dari fase grup di dua turnamen besar secara berturut-turut.

Namun juru taktik asal Korea Selatan itu justru mematok target pribadi untuk membawa Timnas Indonesia U-23 menembus babak penyisihan Olimpiade Paris 2024. Tentunya untuk bisa merealisasikan target ini, terpenting Timnas Indonesia harus menembus babak semifinal terlebih dahulu.

Pasalnya akan ada tiga tim yang mendapat tiket otomatis ke Olimpiade Paris, yakni juara pertama, runner-up, dan peringkat ketiga. Namun jika tidak berhasil mendapat peringkat ketiga, kans menuju Olimpiade 2024 masih tetap terbuka. Nantinya tim peringkat keempat Piala Asia U-23 2024 akan menjalani laga play-off menghadapi tim peringkat keempat Piala Afrika U-23 2024.  

Dengan berbagai pencapaian gemilang ini, tentunya membawa harapan bagi masa depan Timnas Indonesia U-23 menuju era keemasan. Tentunya harapan ini juga harus dibarengi dengan dukungan penuh dari penggemar sepak bola Tanah Air dengan memberikan kritik dan support yang membangun.

Blog authors

Afif Dalma
Afif Dalma
I'm a fast learner individual who loves the world of technology include: digital marketing, graphic design, blogging and programming.

No comments

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)