Film-Series

11 Rekomendasi Drakor Bullying Sekolah yang Bikin Emosi Begejolak

Afif Dalma Afif Dalma
April 26, 2024
11 Comments
Home
Film-Series
11 Rekomendasi Drakor Bullying Sekolah yang Bikin Emosi Begejolak

Drama Korea menjadi tontonan yang dinikmati oleh jutaan orang di seluruh dunia. Tentunya hal ini tak lepas dari kualitas cerita menarik yang disuguhkan, serta akting para aktor yang sangat mendalam sehingga terlihat begitu natural.

Genre pada drama Korea pun bermacam-macam, mulai dari aksi, komedi, thriller, romantis dan lain sebagainya. Namun banyak pula drama Korea yang mengangkat isu tentang bullying di sekolah. Genre ini menjadi suatu ketertarikan sendiri bagi beberapa penonton.

Selain karena kasus bullying yang memang marak terjadi di Korea Selatan, terdapat juga pesan moral yang dapat diambil lewat cerita yang dihadirkan. Artikel ini merangkum tentang rekomendasi drakor tentang bullying sekolah yang menguras emosi.

1. School 2013 (2012)

School 2013

Drama Korea School memiliki beberapa seri dengan cerita berbeda. Namun diantara judul lainnya, seri School 2013 lebih banyak menceritakan tentang kasus perudungan di sekolah. Drama ini pertama kali tayang pada tahun 2012 silam. Drama ini berlatar di sebuah sekolah bernama Seungri High School.

Ceritanya berfokus tentang kehidupan sekolah Go Nam Soon yang dulunya merupakan ketua gangster. Memiliki masa lalu yang kelam membuat kepribadian Go Nam Soon berubah cukup drastis. Disisi lain terdapat murid pindahan bernama Park Heung Soo yang terkenal sebagai berandal dan sangat ditakuti. Namun ternyata dia terlibat dengan masa lalu kelam yang dialami Go Nam Soon. 

2. Who Are You: School (2015)

Who Are You School 2015

Selanjutnya masih dari seri School yang juga menceritakan tentang bullying serta kegelisahan remaja di sekolah, yakni Who Are You School 2015. Drama ini pertama kali tayang pada tahun 2015 silam. Mengisahkan tentang dua saudara kembar bernama Go Eun Byul dan Lee Eun Bi yang berpisah karena diadopsi.

Go Eun Byul hidup serba berkecukupan karena diadopsi oleh keluarga kaya, sedangkan Lee Eun Bi tinggal dan besar di sebuah panti asuhan bernama Love House. Tak seperti Go Eun Byul yang punya banyak teman, Lee Eun Bi justru menjadi korban bullying dari teman-teman sekelasnya. Suatu ketika Go Eun Byul mengalami kecelakaan, dan membuat kehidupan mereka berdua tertukar.

3. Solomon's Perjury (2016)

Solomon's Perjury

Selanjutnya ada drakor Solomon's Perjury yang diadaptasi dari novel populer Jepang berjudul Solomon no Gisho. Drama Korea yang pertama kali tayang pada tahun 2016 ini tak cuma menceritakan tentang kasus bullying, tetapi juga korupsi yang masih terjadi di Korea Selatan.

Drama ini mengisahkan tentang kasus pembunuhan yang terjadi kepada seorang murid laki-laki di sebuah sekolah saat malam Natal. Polisi dan pihak sekolah menetapkan kematian tersebut sebagai kasus bunuh diri, tetapi beberapa siswa tidak setuju dengan keputusan tersebut dan berniat mencari tahu siapa pembunuh sebenarnya. 

4. Class of Lies (2019)

Class of Lies

Drama Korea Class of Lies juga mengisahkan tentang kasus bullying dan sukses meraih rating tinggi selama penayangannya. Meskipun tayang pada tahun 2019 lalu, tetapi hingga kini, Class of Lies masih menjadi salah satu drakor misteri yang sangat direkomendasikan untuk ditonton.

Sesuai judulnya, drama ini berkisah tentang seorang pengacara yang menyamar menjadi guru magang di sekolah SMA untuk mengungkap sebuah kasus pembunuhan. Namun ternyata ada banyak kebohongan yang dia temukan dari para siswa di sekolah tersebut sehingga sulit untuk mencari tahu kebenaran tentang kasus pembunuhan yang terjadi.  

5. The Penthouse: War in Life (2020)

The Penthouse: War in Life

The Penthouse menjadi salah satu drakor paling fenomenal di tahun 2020 lalu. Meskipun mengusung genre cerita yang terbilang umum, tetapi banyak elemen-elemen pendukung yang membuat drama ini begitu dinikmati oleh banyak orang. Bahkan segala drama yang terjadi di serial ini dijamin bakal membuat penonton gregetan karena kesal.

Mengisahkan tentang tiga keluarga kaya raya yang tinggal di apartemen mewah bernama Hera Palace. Ketiga keluarga tersebut menyekolahkan anak-anak mereka di sekolah seni bergengsi. Disisi lain, Oh Yoon Hee, seorang janda miskin yang membesarkan anaknya seorang diri juga menyekolahkan anaknya, Bae Ro Na di sekolah yang sama. Hal tersebut membuat Oh Yoon Hee bertemu kembali dengan Cheon Seo Jin, saingannya di masa lalu yang membuatnya putus sekolah. 

6. Shadow Beauty (2021) 

Shadow Beauty

Shadow Beauty masuk dalam deretan drakor yang cukup populer di tahun 2021 karena ketiga tokoh utamanya diperankan oleh idol Kpop. Selain mengangkat isu tentang bullying, drama ini juga menceritakan tentang kehidupan palsu yang dijalani oleh selebgram. Drama ini menjadi reminder agar penonton tidak mudah percaya dengan apa yang dilihat di sosial media.  

Ceritanya berfokus mengenai seorang siswi SMA bernama Goo Ae Jin yang menjadi korban perudungan di sekolahnya dan dianggap sebagai gadis yang tak menarik. Namun perlakuan yang dia terima di kehidupan sosial medianya berbanding 180 derajat. Di kehidupan maya, Goo Ae Jin dikenal sebagai selebgram cantik bernama Genie yang punya ratusan ribu followers.  

7. The Glory (2022)

The Glory

The Glory tak hanya mengangkat kisah tragis tentang dampak bullying di sekolah, tetapi juga menceritakan serangkaian upaya balas dendam dari korban terhadap si pelaku. Drakor yang tayang pada akhir 2022 lalu ini memberikan gambaran tentang bagaimana sadisnya aksi perudungan yang terjadi di Korea Selatan. Bahkan setelah drama ini tayang, banyak korban bullying di negara tersebut yang akhirnya berani buka suara.

Drama The Glory mengisahkan tentang aksi balas dendam dari seorang wanita bernama Moon Dong Eun yang pernah menjadi korban bullying ketika masih duduk di bangku SMA. Dia mengalami berbagai macam kekerasan fisik yang membuatnya putus sekolah. Setelah itu Moon Dong Eun bertekad untuk membalaskan dendamnya kepada para pelaku.

8. Revenge of Others (2022)

Revenge of Others

Sesuai dengan judulnya, drama Revenge of Others mengangkat kisah balas dendam yang terjadi di lingkungan sekolah. Drama ini pertama kali tayang pada tahun 2022 lalu dan mendapat rating yang cukup tinggi. Ceritanya sendiri berfokus tentang Ok Chan Mi yang pergi ke sekolah baru dengan tujuan untuk membalaskan dendam saudara kembarnya.

Kisah bermula ketika Park Won Seok, saudara kembar Ok Chan Mi, bunuh diri di SMA Yongtan. Kejadian tersebut terjadi tepat setelah mereka berdua melakukan panggilan telepon. Ok Chang Mi yang yakin saudaranya takkan mungkin mengakhiri hidupnya begitu saja, lantas pindah ke sekolah tersebut untuk mencari tahu penyebab meninggalnya Park Won Seok.

9. Weak Hero Class 1 (2022)

Weak Hero Class 1

Selanjutnya ada drama Weak Hero Class 1 yang juga banyak dinikmati karena menghadirkan beragam aksi seru. Drakor yang diadaptasi dari seri Webtoon berjudul sama ini dirilis pada tahun 2022 lalu. Selain menceritakan tentang kasus perudungan di sekolah, Weak Hero namun juga mengangkat kisah tentang hubungan pershabatan seorang teman. 

Yeon Si Eun diceritakan sebagai siswa teladan dan berprestasi di sekolahnya. Namun karena memiliki sifat pendiam, Si Eun menjadi target bullying oleh teman-teman di kelasnya. Tak tahan dengan perudungan yang diterimanya, Si Eun memutuskan untuk melawan para pembully dengan berkelahi. Namun hal itu justru menimbulkan masalah yang lebih kompleks lagi bagi Si Eun dan orang-orang terdekatnya.

10. Bitch x Rich (2023)

Bitch x Rich

Drama Korea tentang bullying yang juga tak kalah menarik yaitu Bitch x Rich yang tayang di tahun 2023 lalu. Lewat drama ini penonton diperlihatkan tentang perbedaan kelas sosial yang terjadi di dunia pendidikan. Hal tersebut membuat para siswa dari keluarga kaya dan miskin mendapat perlakuan yang sangat berbeda. Drama ini memperlihatkan sisi gelap yang ada di balik sekolah bergengsi.

Kim Hye In merupakan siswi dari keluarga miskin yang bersekolah di SMA Internasional Cheongdam. Untuk memenuhi kehidupannya dia harus melakukan berbagai pekerjaan paruh waktu, termasuk menjadi guru les privat. Di sekolah tersebut Kim Hye In harus menghadapi berbagai perudungan dari Baek Ja Na dan komplotannya. Kim Hye In juga berniat mengungkap misteri pembunuhan yang terjadi di sekolah tersebut.  

11. Pyramid Game (2024)

Pyramid Game

Drakor terbaru tahun 2024 yakni Pyramid Game, berhasil mendapatkan rating tinggi di sepanjang penayangannya. Drama ini juga mengangkat tema tentang kasus bullying yang terjadi di sekolah. Menariknya, perudungan yang terjadi dikemas menjadi sebuah permainan yang bisa menentukan nasib para siswa dalam jangka waktu satu bulan atau bahkan lebih.

Adapun ceritanya berlatar di kelas 2-5 di SMA perempuan Baekyeon. Sung Soo Ji, seorang siswi yang baru saja pindah ke sekolah tersebut, ikut terseret dalam sebuah permainan voting popularitas bernama Pyramid Game. Permainan ini menggunakan sistem peringkat dari A-F, dimana siswi yang ada di peringkat terakhir akan dirudung oleh satu kelas.

Itulah daftar rekomendasi drakor tentang bullying sekolah yang bisa bikin emosi penonton bergejolak. Jika ada rekomendasi drakor bertema serupa lainnya, bisa tambahkan di kolom komentar.

Blog authors

Afif Dalma
Afif Dalma
I'm a fast learner individual who loves the world of technology include: digital marketing, graphic design, blogging and programming.

11 comments

  1. Elisa
    Elisa
    April 29, 2024
    Dari sekian banyak judul di atas, yang baru saya tonton cuma the penthouse sama the glory. Dan beneran seru banget sih.
  2. Diah Alsa
    Diah Alsa
    April 29, 2024
    sebenarnya malas banget kalau ada tema bullying gitu, tapi dari drama kayak gini bisa jadi pembelajaran sih ya buat kita yang nonton.
    penasaran yang nomor 2, Who Are You
    kapan-kapan mau nonton.
  3. Heizyi
    Heizyi
    April 29, 2024
    Penasaran sama The Glory. Selama ini belum sempet nonton. Makin penasaran setelah berhembus kabar bahwa Hye Kyo mau main bareng Gong Yoo 😍
  4. Mas Arief
    Mas Arief
    April 27, 2024
    Weak Hero Class yang pernah saya tonton, film tentang persahabatan yang emosional banget. Dari sana bullying itu terjadi akibat sistem pendidikan yang tidak berjalan seimbang dan penegakan keadilan yang tidak adil dari pihak sekolah sehingga sang tokoh utama mendapatkan kekecewaan dari rasa itu menjadi dorongan untuk mengentaskan semua persoalannya sendirian.
  5. Nurul Fitri Fatkhani
    Nurul Fitri Fatkhani
    April 26, 2024
    Banyak juga drakor yang membahas tentang bullying ya. Memang miris dengan kondisi saling bully di lingkungan sekolah itu.
    Saya hanya berharap, jangan sampai tontonan semacam ini malah jadi contoh anak-anak untuk melakukan bully. Jangan sampai, yaa...
  6. Agustina Purwantini
    Agustina Purwantini
    April 26, 2024
    Yang nomor 6 paling menarik bagiku. Apakah dalam ceritanya dikisahkan, gimana reaksi para pembully di dunia nyata, jika tahu klo di finia maya sosok yg dobully adalah yg dipuja?
  7. Linda Puspita
    Linda Puspita
    April 26, 2024
    Class of lies aku juga sukaaa. Penthouse juga ditunggu tunggu tiap episode. Suka semua e kalau Drakor, racun banget!
  8. Denidoflamingo
    Denidoflamingo
    April 25, 2024
    Terima kasih atas rekomendasi drama Korea bullying sekolahnya! Saya akan mencoba menontonnya.
  9. Nurul Sufitri
    Nurul Sufitri
    April 24, 2024
    Class of Lies sepertinya paling menarik untuk ditonton deh. Ga kebayang orang yang menyamar sebagai guru mengetahui ternyata banyak kebohongan di kelasnya. Murid2nya semacam apa itu ya hihihi. The Penthouse aku sempat nonton sih. Bulliying kayak gini temanya, ngeri juga ya diikuti secara riil olrh remaja kita :(
  10. Rahman Kamal
    Rahman Kamal
    April 23, 2024
    Dari daftar di atas baru sempet nonton Weak Hero Class 1. Karena memang sudah baca Webtoon nya dan penasaran banget dengan Drama live nya. Nonton drama bertema bullying ini sebenarnya bagus untuk pembelajaran sembari juga menghabiskan waktu dan mengisi ulang semangat dengan menonton drama.
  11. Show more
  12. Tukang jalan jajan
    Tukang jalan jajan
    April 23, 2024
    Salah satu hal yang paling saya sukai dari "Class of Lies" adalah akting para pemerannya yang luar biasa. Para aktor muda ini dengan sempurna memerankan karakter mereka yang kompleks dan penuh dengan emosi.
    Kim So Hyun, yang berperan sebagai Kang Yeon Seo, gadis dengan kemampuan deteksi kebohongan, sangat memukau. Ia mampu menunjukkan berbagai ekspresi dengan begitu natural, dari rasa penasaran hingga kemarahan.
Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)