Film-Series

Urutan Nonton Film Godzilla MonsterVerse

Afif Dalma Afif Dalma
April 01, 2024
0 Comments
Home
Film-Series
Urutan Nonton Film Godzilla MonsterVerse
Godzilla New Empire

Franchise MonsterVerse semakin berkembang setelah hadirnya film Godzilla x Kong: The New Empire. Film tersebut merupakan sekuel dari Godzilla vs Kong (2021), dan merupakan film kelima dari waralaba MonsterVerse.

Godzilla sendiri merupakan salah satu monster yang sangat populer di seluruh dunia. Film tentang Godzilla pertama kali dirilis pada tahun 1954. Setelah itu kepopulerannya makin melejit hingga beberapa kali dibuat versi remake-nya. Sedangkan franchise MonsterVerse diawali lewat film Godzilla yang tayang pada tahun 2014 silam.

Tak sedikit penonton yang masih bingung dengan urutan film Godzilla di jagat MonsterVerse. Pasalnya ada juga film Kong yang menjadi bagian waralaba ini. Oleh karena itu artikel ini akan merangkum urutan nonton film Godzilla MonsterVerse. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Kong Skull Island (2017)

Kong Skull Island 2017

Kong Skull Island merupakan film kedua dari jagat MonsterVerse. Film ini berlatar di sebuah pulau misterius bernama Skull Island yang di dalamnya dihuni oleh monster-monster raksasa. Selain para monster, terdapat juga suku Iwi yang mendiami di pulau tersebut sejak zaman dulu.

Adapun fokus utama ceritanya yaitu mengenai seorang peneliti dari organisasi Monarch yang berniat meneliti Skull Island. Namun disana mereka justru bertemu dengan sang penguasa pulau, Kong yang sedang berseteru dengan Skull Crawler.

2. Godzilla (2014)

Godzilla vs Ghidorah

Secara latar waktu, insiden di film Godzilla terjadi setelah Kong Skull Island. Lewat film ini kita diperkenalkan dengan sosok Godzilla yang berperan bak pelindung bumi. Selain Godzilla, ada juga sosok makhluk bernama Massive Unidentified Terrestial Organism alias MUTO yang menjadi musuh utama di film tersebut.

Kehadiran MUTO menyebabkan kekacauan di seluruh dunia. Makhluk tersebut menyerap radiasi nuklir untuk berkembang biak. Godzilla yang bersembunyi selama berabad-abad akhirnya muncul ke permukaan karena menilai MUTO sebagai suatu ancaman.

3. Monarch: Legacy of Monsters (2023)

Monarch: Legacy of Monsters

Di tahun 2023 lalu MonsterVerse merilis serial spin-off  yang diberi judul Monarch: Legacy of Monsters. Sesuai judulnya, serial ini lebih berfokus mengenai sejarah dan aktivitas dari organisasi Monarch dengan mengambil latar pasca kejadian di film Godzilla.

Meski begitu, serial ini juga menampilkan kejadian-kejadian di beberapa latar waktu yang berbeda. Sayangnya tak banyak Titan yang diperlihatkan di sepanjang cerita.

4. Godzilla: King of the Monsters (2019)

Godzilla King of the Monster 2019

Kemudian dilanjutkan dengan sekuel Godzilla yang berjudul Godzilla: King of the Monster. Film ini menjelaskan lebih jauh tentang eksistensi para monster atau Titan yang ada di muka bumi. Selama ratusan tahun mereka diketahui tengah berhibernasi di berbagai wilayah di seluruh dunia.

Namun kehadiran King Ghidorah memicu bangunnya para Titan dari tidur panjangnya. Ghidorah sendiri merupakan entitas yang berasal dari luar bumi yang juga menyandang gelar raja para monster. Tentunya kebangkitan Ghidorah juga dirasakan oleh Godzilla, sehingga pertarungan sengit untuk memperebutkan gelar raja monster pun terjadi.  

5. Godzilla vs. Kong (2021)

Godzilla vs Kong 2021

Godzilla dan Kong diketahui sebagai musuh bebuyutan. Nenek moyang mereka pernah berperang dalam sebuah perang kuno yang terjadi ribuan tahun yang lalu. Hal ini terbukti karena Kong memiliki kapak peninggalan leluhurnya yang terbuat dari tulang Godzilla. Disini kita juga diperkenalkan dengan sebuah tempat bernama Hollow Earth yang dihuni oleh para Titan.

Film Godzilla vs Kong memperlihatkan bagaimana jadinya jika dua Titan alpha saling bertemu. Konflik antara Kong dan Godzilla menyebabkan terjadinya kekacauan di tengah-tengah kehidupan manusia. Kemudian terkuak bahwa penyebab mereka bertarung disebabkan karena adanya kesalahpahaman. Pada akhirnya Kong bersama Godzilla bersatu untuk melawan musuh yang sesungguhnya. 

6. Godzilla x Kong: The New Empire (2024)

Godzilla x Kong: The New Empire 2024

Film terbaru MonsterVerse menampilkan dua Titan yang awalnya berseturu, justru menjadi rekan seperjuangan. Hal tersebut dipicu oleh munculnya panggilan misterius yang berasal di sebuah tempat yang belum terpetakkan di Hollow Earth.

Ternyata panggilan tersebut berasal dari suku Iwi yang tinggal di Hollow Earth. Mereka melihat adanya ancaman dari Scar King yang berniat mengacaukan keseimbangan dunia. Scar King memiliki kendali atas Shimo sehingga membuatnya sulit dikalahkan. Pada akhirnya pertarungan sengit antara Godzilla-Kong melawan Scar King-Shimo pun terjadi.

Itulah urutan nonton film Godzilla versi jagat MonsterVerse. Urutan di atas berdasarkan timeline yang terjadi di dalam film. Namun kalian juga bisa menonton secara berurutan sesuai tahun rilisnya. 

Blog authors

Afif Dalma
Afif Dalma
I'm a fast learner individual who loves the world of technology include: digital marketing, graphic design, blogging and programming.

No comments

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)