Film-Series

Urutan Nonton Film Planet of the Apes Dari Awal Sampai yang Terbaru

Afif Dalma Afif Dalma
April 14, 2024
16 Comments
Home
Film-Series
Urutan Nonton Film Planet of the Apes Dari Awal Sampai yang Terbaru
War of the Planet of the Apes

Kingdom of the Planet of the Apes akhirnya tayang di bioskop pada Mei 2024 nanti. Ini merupakan film keempat dari waralaba Planet of the Apes. Franchise yang terkenal dengan quote "Apes together strong" ini sudah eksis sejak tahun 1970-an, baik dalam bentuk buku maupun serial televisi.

Serial Planet of the Apes sebenarnya merupakan film lawas, kemudian akhirnya mengalami remake dan reboot. Alhasil tak sedikit orang yang bingung ketika ingin menonton Kingdom of the Planet of the Apes karena tidak tahu harus mulai dari film yang mana.

Setidaknya terdapat tiga film trilogy yang harus kamu tonton agar bisa memahami alur cerita di film keempatnya. Berikut adalah urutan nonton film Planet of the Apes versi reboot dari awal sampai yang terbaru.

1. Rise of the Planet of the Apes

Rise of the Planet of the Apes

Rise of the Planet of the Apes menjadi film pertama dari waralaba Planet of the Apes yang rilis pada tahun 2011. Film ini menjadi cikal bakal munculnya infeksi virus mematikan yang menyebabkan kepunahan umat manusia. Hal ini bermula ketika sekelompok ilmuwan berupaya mengerjakan sebuah proyek untuk menemukan obat Alzheimer. 

Para ilmuwan menggunakan kera sebagai kelinci percobaan. Salah satu kera yang diberi kode Nomor 9 berhasil menjadi spesies kera cerdas berkat percobaan tersebut. Namun kera itu terpaksa ditembak mati karena dianggap menjadi agresif, padahal dia mencoba protektif terhadap bayinya.

Bayi kera itu pun dirawat oleh seorang ilmuwan bernama Will Rodman. Ayah Will yang mengidap penyakit Alzheimer memberikan nama Caesar kepada bayi kera tersebut. Kemudian diketahui bahwa Caesar mewarisi kecerdasan milik ibunya. Caesar menghabiskan masa kecilnya bersama Will dan Ayahnya. Namun suatu tragedi membuat Caesar memilih untuk membentuk koloni bersama kera lainnya untuk menyelamatkan para kera yang masih terjebak di laboratorium penelitian. 

2. Dawn of the Planet of the Apes

Dawn of the Planet of the Apes

Kisah pertikaian antara manusia dan kera berlanjut ke film sekuelnya yang berjudul Dawn of the Planet of the Apes yang rilis tahun 2014. Setelah menyelamatkan para kera, Caesar memilih untuk tinggal di hutan bersama koloninya demi menghindari manusia.

Dalam kurun waktu yang cukup lama, manusia dan kera menjalani hidupnya masing-masing tanpa saling menganggu. Akan tetapi keadaan kota menjadi semakin kacau, arus listrik padam dan banyak penduduk yang terinfeksi virus yang berasal dari kera. Solusi untuk mengatasi kekacauan tersebut adalah dengan menyalakan mesin pembangkit listrik yang terletak di dekat tempat tinggal para kera.

Seorang pria bernama Malcolm bersama kelompoknya pergi menemui Caesar untuk meminta izin menyalakan pembangkit listrik tersebut. Setelah mengetahui niat baiknya, Caesar yang menginginkan perdamaian dengan manusia pun akhirnya membantu mereka. Namun salah satu pengikut Caesar bernama Koba tidak setuju dengan keputusannya, dan memilih untuk berkudeta lalu memulai perang dengan manusia.

3. War of the Planet of the Apes

War of the Planet of the Apes

Konflik antara manusia dan kera semakin memanas di film War of the Planet of the Apes yang rilis pada tahun 2017. Setelah mengetahui para kera memulai perang, kolonel McCullough mengirim pasukan militer ke hutan tempat mereka tinggal. Perang hebat pun terjadi hingga menyebabkan banyak korban berjatuhan.

Dalam perang ini Caesar harus kehilangan istri dan anak sulungnya. Hal tersebut membuat Caesar memutuskan untuk meninggalkan koloni demi membalas dendam kepada kolonel. Dalam perjalanannya, Caesar bertemu dengan seorang anak gadis manusia bernama Nova dan seekor kera yang menyebut dirinya sebagai Bad Ape. Kehadiran Nova membuat Caesar kembali mendapatkan sisi humanisnya.

Kemudian Caesar mendapati bahwa koloninya ternyata ditangkap dan disiksa oleh orang yang selama ini dia cari. Para kera disuruh kerja paksa untuk membangun benteng pertahanan karena tentara di camp tersebut akan berperang melawan tentara lainnya. Caesar memanfaatkan situasi itu untuk menyelamatkan seluruh koloninya. Pada akhirnya Caesar harus mati karena mendapat luka serius.

4. Kingdom of the Planet of the Apes

Kingdom of the Planet of the Apes

Kingdom of the Planet of the Apes merupakan film sekuel dari triology Planet of the Apes. Film ini mengambil latar puluhan tahun setelah peperangan yang terjadi di film ketiga. Yang artinya film ini menceritakan beberapa generasi setelah Caesar.

Dimana kini dunia dikuasai oleh kera tirani bernama Proximus Caesar. Tak hanya bengis kepada manusia, dia bahkan rasis terhadap kera yang bukan dari jenisnya. Proximus berniat untuk menggulingkan peradaban manusia dan membuat kera berada di posisi sebaliknya.

Disisi lain terdapat kera muda bernama Noa yang mendapat pelajaran dari Raka, seekor orangutan yang punya sifat bijaksana. Noa diberitahu bahwa dahulu kala kera dan manusia hidup berdampingan. Berkat hal tersebut, Noa pun memutuskan untuk membantu seorang gadis muda yang tengah diburu oleh pasukan Proximus.

Itulah urutan nonton film Planet of the Apes versi reboot dari awal sampai yang terbaru. Kamu bisa menonton film trilogy-nya sebelum lanjut ke Kingdom of the Planet of the Apes yang tayang di bioskop pada Mei 2024. 

Blog authors

Afif Dalma
Afif Dalma
I'm a fast learner individual who loves the world of technology include: digital marketing, graphic design, blogging and programming.

16 comments

  1. Andri Marza
    Andri Marza
    April 20, 2024
    film konsep universe apes, saya sendiri baru ngikutin yang pertama dan kedua. Tidak sadar bahwa ada film ketiga dan keempat. Wajar sih, film keduanya saja dapat ratings tinggi. Rotten Tomatoes bahkan berikan ratings 91 ya. Keren nih film.
  2. Rafahlevi
    Rafahlevi
    April 17, 2024
    Jadi ini tuh sequel gitu yaa
    Aku baru ngeh hehe..
    Bisa banget nih kayanya ditonton pas musim libur lebaran bareng keluarga
  3. Aisyah Dian
    Aisyah Dian
    April 15, 2024
    Film favorit banget... Trims kak aku jadi mengingat-ingat lagi mana yang belum aku tonton hehehe
  4. Satiti
    Satiti
    April 15, 2024
    Serial, entah itu tontonan, atau buku, kalau kita ketinggalan mulainya dan mau nonton atau baca memang kadang bingung mulai dari yang mana dulu. Aku belum pernah nonton, tapi ini artikel ini cukup membantu kalau misal aku mau nonton Planet of The Apes aku tidak bingung harus nonton dari mana dulu.
  5. Siti Mustiani
    Siti Mustiani
    April 14, 2024
    Nonton film kayak gini emang harus berurutan yahh, biar ceritanya nyambung. Tapi gak salah sih kalau misalkan nonton dari awal dulu ya kan, hehehe. Menarik, masukin watch list aahhhh 😊
  6. Utie Adnu
    Utie Adnu
    April 14, 2024
    Aku kagum banget sama pengambilan gambar nya di film Kingdom of the Planet of the Apes ini kak..keranya kayak beneran efek visualisasiny juga gak main2 top banget kayak beneran ...btw aku pernah lihat..waktu film ini dibuat
  7. Aprillia Ekasari
    Aprillia Ekasari
    April 14, 2024
    Kyknya zaman kecil dulu pernah nonton filmmya tapi yang mana aku ya lupa2 inget hehe. Oh ternyata akan ada filmnya lagi ya tahun ini. Terima kasih review per-film-nya, siapa tahu bulan depan bisa nonton.
  8. Nia K. Haryanto
    Nia K. Haryanto
    April 14, 2024
    Wah, salah satu film kesukaan orang-orang rumah nih film Planet of The Apes ini. Seru kata mereka. Aku sendiri cuma nonton yang pertama aja. Gak tahu nih, selera nontonku lagi ngedrop. Bahkan sama drakor yang biasanya aku suka. :D
  9. April Hatni
    April Hatni
    April 14, 2024
    Jujurly, belum pernah nonton film ini. Sepertinya seru, nih. Cocok buat tontonan pas akhir pekan nanti.
  10. Bayu Fitri
    Bayu Fitri
    April 14, 2024
    Ini serial tv ya pernah ku nonton dimana gitu lupa tapi emang bagus ya filmnya apalagi di remake pasti ada yang bikin spesial teknik nya
  11. Show more
  12. Diah Alsa
    Diah Alsa
    April 13, 2024
    pas banget nih, emang belum pernah nonton film ini sama sekali.
    ini aman ditonton bersama anak-anak kan ya? hitung-hitung sekalian jadi qtime liburan nih sebelum masuk sekolah lagi.
  13. Okti Li
    Okti Li
    April 13, 2024
    Senang dapat informasi terkait urutan film ini. Jadi tahu ya mau nonton yang mana dulu dan nanti kisahnya tidak loncat-loncat...
  14. Lina
    Lina
    April 13, 2024
    udah nemu list harus dimulai dari mana nonton film ini dan tinggal ajak mas Joko Yu untuk kita nonton bareng aja pas bocil tidur
  15. Tulisan Penjahit Alamanda
    Tulisan Penjahit Alamanda
    April 13, 2024
    Serial televisi era 70' an yang pada akhirnya di buat "remake" film yang lumayan bagus dalam teknik animasinya. TVRI di masa lalu menyiarkan sekali seminggu.
  16. Yonal Regen
    Yonal Regen
    April 13, 2024
    So far baru nonton film pertamanya Rise of the Planet of the Apes.
    Lumayan menarik menonton film ini. Next kalau udah tau urutan selanjutnya dari susunan film ini jadi bisa nyicil biar ga bingung sebelum nonton versi 2024 nya
    1. Mas Arief
      Mas Arief
      April 14, 2024
      Sama, baru nonton serie pertama. Menarik film, ratingnya emang ga bohong. Efek yang keren jadi makin menguatkan cerita film nya.
Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)