Pengetahuan

Pentingkah LinkedIn Untuk Mencari Kerja?

Afif Dalma Afif Dalma
May 30, 2024
16 Comments
Home
Pengetahuan
Pentingkah LinkedIn Untuk Mencari Kerja?

LinkedIn dikenal sebagai platform media sosial yang digunakan untuk mencari pekerjaan. Platform ini sering kali digunakan oleh para recruiter untuk mencari calon karyawan yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Dengan menggunakan LinkedIn kamu bisa menemukan berbagai macam lowongan pekerjaan dari segala jenis bidang.

Platform LinkedIn dapat menghubungkan para profesional di seluruh dunia sehingga peluang karier tak hanya terbatas di suatu negara saja. Melansir dari situs LinkedIn, per April 2023 terdapat lebih dari 992,3 juta pengguna LinkedIn di seluruh dunia. Indonesia menempati urutan ke-7 sebagai pengguna LinkedIn terbanyak sebesar 23 juta pengguna.

Dengan banyaknya pengguna LinkedIn di Indonesia membuktikan bahwa platform ini menjadi salah satu sumber potensial untuk mencari pekerjaan dan membangun jaringan karier. Bahkan sudah banyak perusahaan yang menerapkan background checking kepada calon karyawannya melalui LinkedIn.

Jadi seberapa penting LinkedIn untuk para jobseeker? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Membangun personal branding

Profil LinkedIn kamu bisa diibaratkan sebagai sebuah CV online yang bisa dilihat langsung oleh banyak orang. Bedanya kalau CV biasa informasi yang tersaji umunya hanya dalam satu halaman saja, sedangkan di LinkedIn kamu bisa menunjukan berbagai prestasi dan kemampuan yang dimiliki secara lengkap dan detail.

Oleh karena itu, LinkedIn bisa kamu manfaatkan untuk membangun personal branding agar semakin dikenal. Kamu bisa menulis tentang profil diri secara rinci dan mempromosikannya melalui orang lain. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan link blog atau website yang dapat dijadikan sebagai portofolio online.

Kemudian yang paling penting pastikan agar LinkedIn kamu selalu diupdate agar terlihat profesional. Dengan begitu bukan tidak mungkin jika sewaktu-waktu kamu akan dihubungi oleh pihak recruiter. Belum lagi saat ini mulai banyak perusahaan yang meminta tautan LinkedIn saat melakukan proses rekrutmen karyawan.

2. Memperluas jaringan profesional

Bukan rahasia umum lagi kalau memperluas networking menjadi salah satu cara efektif untuk dapat membangun karier. Platform LinkedIn memfasilitasi para penggunanya untuk dapat memperluas jaringan mereka dengan mudah. 

Kamu dapat menghubungi para profesional di bidang yang kamu minati dan berinteraksi dengan mereka. Jangan sungkan untuk mengirim pesan dan bertanya mengenai bidang pekerjaan yang kamu minati. Perbanyak juga koneksi dengan para recruiter, sebab mereka sering kali membagikan informasi terkait lowongan kerja lewat LinkedIn.

3. Mudah mencari informasi tentang perusahaan

LinkedIn dapat membantu kamu dalam mencari informasi tentang suatu perusahaan. Tentunya hal ini sangat berguna ketika kamu hendak menghadapi wawancara kerja. Kamu bisa riset secara mendalam tentang perusahaan yang dilamar.

Dengan melakukan riset, setidaknya kamu akan memperoleh gambaran mengenai profil beserta visi dan misi dari perusahaan tersebut. Apalagi saat ini mulai banyak perusahaan-perusahaan start-up yang menggunakan LinkedIn untuk keperluan bisnis mereka. 

Selain itu, hal ini juga berguna untuk kamu agar terhindar dari penipuan lowongan kerja. Sebab tak dapat dipungkiri bahwa freshgraduate sering kali terkecoh dengan lowongan kerja palsu dari perusahaan fiktif. Oleh karena itu LinkedIn sangat membantu dalam mengetahui rekam jejak suatu perusahaan. 

4. Platform untuk melamar pekerjaan

LinkedIn bisa menjadi salah satu opsi bagi kamu untuk mencari informasi terkait lowongan kerja. Pasalnya saat ini marak terjadi modus penipuan berkedok lowongan kerja, sehingga membuat para jobseeker khususnya yang masih fresh graduated terkecoh.

Dengan menggunakan LinkedIn kamu bisa menemukan berbagai macam lowongan kerja di berbagai posisi, bidang, maupun lokasi secara mudah. Kamu juga bisa mengikuti perusahaan-perusahaan impian untuk mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan yang sedang dibuka.

Terlebih lagi LinkedIn memiliki fitur Easy Apply yang memungkinkan kamu melamar pekerjaan hanya dengan satu klik saja. Meski begitu, kamu harus tetap teliti dan pastikan bahwa perusahaan yang bersangkutan memang sedang membuka lowongan pekerjaan tersebut. 

Kesimpulan

Pada intinya LinkedIn menjadi media yang dapat mempertemukan recruiter dan jobseeker untuk keperluannya masing-masing. Jika ditanya seberapa penting LinkedIn untuk mencari kerja, maka jawabannya tergantung bagaimana kamu memanfaatkan LinkedIn itu sendiri.

Jika kamu hanya membuka LinkedIn beberapa kali dalam setahun, kamu mungkin tidak memanfaatkannya secara maksimal. Pasalnya LinkedIn memiliki sejumlah fitur yang dapat membantu kamu dalam meniti karir.

Blog authors

Afif Dalma
Afif Dalma
I'm a fast learner individual who loves the world of technology include: digital marketing, graphic design, blogging and programming.

16 comments

  1. April Hamsa
    April Hamsa
    June 09, 2024
    Kebetulan karena aku nggak kerja kantoran jadinya jarang memanfaatkan linkedin. Sampai suatu waktu dikasi tau teman gpp tulis aja pernah ngeblog kerjasama dengan brand apa aja coba ditulis minimal sebagai portfolio, jd aku coba manfaatin. Kadang juga buat nyebar2 link tulisan hehe. Tapi bener sih ini sangat membantu di kalangan profesional
  2. Mario Andaru
    Mario Andaru
    June 09, 2024
    LinkedIn memang jadi sosial media yang unik banget sih, karena setahu saya, sosial media yang "flexingnya" positif itu ya di LinkedIn ini . Makanya cocok banget sebagai personal branding kita
  3. Diah Alsa
    Diah Alsa
    June 09, 2024
    sekarang banyak juga ya yang cari kerja melalui Linkedin, platform medsos yang paling bermutu sih ini, tempat yang tepat untuk show up kualitas dan kemampuan kerja kita :)
  4. Wiwid Nurwidayati
    Wiwid Nurwidayati
    June 07, 2024
    Saya dapat kerja di usia 40 tahun ke atas dari Linkedin juga, tanpa melamar sebelumnya. Orang HR nya waktu itu nge DM saya kalau diperusahaanya ada lowongan yang cocok dengan pengalaman saya.sekarang saya dah kerja di sana menjadipegawai tetap hampir 2 tahun
  5. Bayu Fitri
    Bayu Fitri
    June 07, 2024
    Buat pencari kerja pastinya penting banget ya Linkldn ini karena bisa memperluas jejaring dan bisa mendapat peluang kerja juga
  6. Herijo
    Herijo
    June 07, 2024
    Aku punya akun di LinkedIn, tapi sayangnya belum Aku optimalkan dengan baik, hanya sebatas liat-liat lowongan tapi jarang posting pencapaian diri. Jadi PR nih buat Aku yang harus sering posting, minimal artikel dari Blog Akuh.
  7. Aisyah Dian
    Aisyah Dian
    June 07, 2024
    Beberapa teman justru mendapatkan kesempatan pekerjaan setelah rajin mengisi di LinkedIn ini kak, wah jadi pengen juga sh
  8. Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina
    June 07, 2024
    Sepupuku nih yang kutahu aktif di Linkedin, hingga bisa terus loncat ke posisi yang lebih tinggi di perusahaan lain. Memang keaktifan perlu, kalau mager ya jangan harap bakal dapat manfaat
  9. Nia K. Haryanto
    Nia K. Haryanto
    June 07, 2024
    LinkedIn ini banyak manfaatnya. Banyak temenku yang bisa dapat kerjaan dan hal-hal menjanjikan lain dari LinkedIn. Huhu aku sendiri belom bisa manfaatkan secara maksimal. Sejauh ini masih jadi tempat share tulisan aja. Walopun aku belom tahu is it work atau tidak. Kudu banyak belajar deh tentang LinkedIn ini.
  10. Triani Retno A
    Triani Retno A
    June 07, 2024
    Wow, banyak ya orang Indonesia yang pakai LinkedIn. Aku juga punya akun di sana, tapi belum kumaksimalkan euy.
  11. Show more
  12. Agustina Purwantini
    Agustina Purwantini
    June 07, 2024
    Aku punya akun LinkedIn juga walaupun udah bukan dalam usia pencari kerja pada umumnya. Dengan kata lain udah terlalu tua 😁🤣. Karena aku kepo dan siapa tahu ada yang bisa, terutama yang freelance gitu.
  13. Siti Mustiani
    Siti Mustiani
    June 06, 2024
    Aku juga punya LinkedIn, gak cuma sekedar untuk mencari dan menemukan pekerjaan sih, tapi juga sebagai personal branding yang professional juga oke banget!
  14. Galeri Wiwid
    Galeri Wiwid
    June 05, 2024
    Dengan LinkedIn memang memudahkan para pencari kerja untuk mencari pekerjaan. Apply pekerjaan tinggal klik aja. Kita juga bisa mendapatkan notifikasi jika ada pekerjaan yang kita minati.
  15. Priyo Harjiyono
    Priyo Harjiyono
    June 05, 2024
    Banyak temen yang pake linkedin buat dapetin kerjaan, setuju cocok buat bangun reputasi n menjalin networking
  16. Tukang jalan jajan
    Tukang jalan jajan
    June 04, 2024
    LinkedIn adalah alat yang penting bagi pencari kerja di era digital. Dengan memanfaatkan platform ini secara efektif, kita dapat meningkatkan visibilitas, membangun jaringan, menemukan peluang kerja, dan belajar dan berkembang di bidang yang kita geluti
  17. Ainhy Edelweiss
    Ainhy Edelweiss
    June 04, 2024
    Aku dlu waktu pas mau wisuda langsung pake LinkedIn untuk cari loker, emang ngebantu banget sih apalagi untuk personal branding
Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)