Teknologi

Microsoft Stop Beri Dukungan Windows 7

Afif Dalma Afif Dalma
July 23, 2021
3 Comments
Home
Teknologi
Microsoft Stop Beri Dukungan Windows 7

Mulai hari ini (14/01/20) Microsoft akhirnya resmi mengehentikan dukungan layanan untuk  sistem operasi Windows 7. Sebelumnya pengumuman ini sudah disampaikan oleh pihak Microsoft setahun lalu lewat website resminya.

Tentu saja pihak Microsoft sangat mengajurkan para pengguna Windows 7 untuk segera mengupgrade sistem operasinya ke Windows 10 supaya pengguna tetap mendapat dukungan layanan dari Microsoft. Bahkan pihak Microsoft memberi penawaran upgrade gratis bagi pengguna Windows 7 supaya mereka benar-benar meninggalkan sistem operasi tersebut.

Sebab, dengan dihentikannya dukungan pada Windows 7, secara otomatis Microsoft juga bakal menghentikan dukungan keamanannya sehingga prangkat yang masih menggunakan sistem operasi ini akan rentan dimasuki berbagai ancaman keamanan seperti malware dan hacker.

Namun sebelum melakukan upgrade ke Windows 10, pengguna diharapkan untuk memperhatikan spesifikasi pada perangkat Laptop atau PC terlebih dahulu, apakah perangkat tersebut memenuhi syarat untuk dapat menggunakan Windows 10 atau tidak.

Adapun spesifikasi minimum untuk dapat menggunakan Windows 10 yang dilansir dari pihak Microsoft yaitu perangkat memiliki RAM minimal 1 GB untuk versi 32-bit dan 2 GB untuk versi 64-bit, kartu grafis yang tertanam di perangkat harus Direct X9, dan ruang penyimpanan tersedia minimal sebesar 16 GB atau lebih. 

Apabila spesifikasi diatas telah terpenuhi, maka langkah selanjutnya pengguna disarankan untuk melakukan backup data, baik lewat cloud maupun hardisk eksternal. Namun bagaimana jika spesifikasi perangkat tidak memenuhi persyaratan untuk upgrade ke Windows 10, atau jika pengguna masih awam Windows 7?

Tenang saja, meskipun dukungan layanan terhadap Windows 7 sudah dihentikan, pengguna awam masih dapat menggunakan sistem operasi ini. Hanya saja perangkat yang digunakan tidak akan mendapatkan update lagi dari Microsoft. Maka dari itu pihak Microsoft sangat menganjurkan kepada para penggunanya untuk melakukan upgrade sistem operasi.

Sebenarnya Microsoft telah menghentikan dukungan layanannya terhadap Windows 7 pada tahun 2015 silam. Namun mereka memperpanjang dukungan tersebut hingga tahun 2020, karena masih banyak sekali yang masih menggunakan sistem operasi ini. 


Blog authors

Afif Dalma
Afif Dalma
I'm a fast learner individual who loves the world of technology include: digital marketing, graphic design, blogging and programming.

3 comments

  1. Abdul Majid
    Abdul Majid
    May 05, 2020
    Saya sendiri hingga saat ini masih menggunakan Windows 7. Krn kompitable dgn spesifiksi laptop yg sy gunakan. Kalau menggunakan Windows yg lebih tinggi akan berpengaruh pada loading laptop.

    Ada bocoran kah Mas, dukungan seperti apa yg tdk akan diberikan Microsoft bagi pengguna Windows 7. Krn mengingat kebanyak dari kita menggunakan Windows banyak. Termasuk sy. Hehehehehe
    1. Afif Dalma
      Afif Dalma
      May 09, 2020
      Semua dukungan di Windows 7 sendiri akan diberhentikan secara TOTAL. Biarpun begitu agan masih tetap bisa menggunakan Win 7 seperti biasanya, hanya saja kedepannya "kemungkinan" pc yg menggunakan Win 7 akan lebih rentan terinfeksi oleh virus, dan sejenisnya. Maka dari itu disarankan untuk melakukan upgrade OS.
  2. Looper Day
    Looper Day
    January 16, 2020
    windows 7 lebih baik dari win8. tapi kantor ane masih ada komputer yg pke windows 7.

    jangan lupa kunjungi juga ya
    https://looperday.blgogspot.com
Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)