Anime Manga

Mengenal Esper Gemstone di Toaru Majutsu no Index

Afif Dalma Afif Dalma
October 23, 2023
0 Comments
Home
Anime
Manga
Mengenal Esper Gemstone di Toaru Majutsu no Index

Kemunculan Sogiita Gunha di serial anime Toaru Kagaku no Railgun T (season 3) menjadi momenyang dinantikan oleh para penggemar Toaru. Pasalnya ia merupakan esper level 5 peringkat 7 di Academy City. 

Gunha memiliki kekuatan yang unik dan belum teridentifikasi. Dengan begitu dia dikategorikan sebagai seorang Gemstone. Ini dikarenakan level kekuatannya masih tanda tanya dan memiliki potensi untuk terus berkembang. Peringkat Gunha sebagai esper terkuat dikatakan dapat lebih tinggi lagi.

Di artikel ini saya akan membahas sedikit tentang Gemstone. Istilah ini mungkin terasa asing bagi yang hanya menonton animenya saja, apalagi yang nontonnya di skip-skip. Namun saya rasa teman-teman yang membaca novelnya sudah pasti tahu. Bagi yang belum tau langsung aja skuy simak ulasannya dibawah ini.

Di Academy City terdapat sebuah kurikulum untuk menciptakan seorang esper, yap para esper yang ada di kota ini diciptakan oleh para peneliti disana. Para esper ini diberi peringkat berdasarkan hasil pemindaian sistem mereka. Intinya kekuatan para esper muncul dari hasil penelitian, berbeda dengan Gemstone.

Gemstone merupakan esper yang memiliki kekuatan atau bakat murni tanpa ada campur tangan dari pihak Academy City. Esper Gemstone memiliki kekuatan unik yang tidak dapat dijelaskan secara ilmiah oleh pihak Academy City. Oleh karena itu kekuatan mereka tidak bisa diperhitungkan atau dipindai secara akurat. Sehingga menempatkan Gunha di peringkat 7 masih menjadi suatu kekeliruan.

Walau begitu, sangat jarang sekali esper yang diklasifikasikan sebagai Gemstone. Disebutkan bahwa jumlah esper Gemstone di universe Toaru terdapat 50 orang, di seri animenya sendiri baru dua esper yang dinyatakan sebagai Gemstone, yaitu Himegami Aisa dan Sogiita Gunha. 

Untuk kasus Touma sendiri, meskipun memiliki kekuatan misterius yang bisa menetralkan semua fenomena supranatural dan diluar pemahaman Academy City, ia tidak dikategorikan sebagai Gemstone. Hal ini dikarenakan kekuatan Imagine Breakernya tidak dapat dipindai oleh sistem Academy City, sehingga ia diberi label pure level 0.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai esper Gemstone pada Toaru series. Sebenarnya masih ada lagi istilah lainnya, seperti Saint yang prinsip utamanya berasal dari hukum sihir. Secara singkat, Saint merupakan orang-orang terkuat dari sisi sihir atau juga disebut anak Tuhan, terdapat 20 Saint yang ada di universe Toaru, salah satunya Kanzaki Kaori.

Kekuatan para saint didapat dari tubuh mereka yang "mirip dengan tubuh Kristus", menyebabkan prinsip Idolatry Theorem memberikan sebagian kesucian Kristus pada mereka. Padahal kalau dilihat dari sisi sains genetik manusia itu 99.99% sama semua, harusnya kalau hanya masalah struktur tubuh sama maka seluruh umat manusia dikategorikan sebagai Saint, tapi kenyataannya tidak. Prinsip Idolatry Theorem itu diluar semua basis pengetahuan sains.

Blog authors

Afif Dalma
Afif Dalma
I'm a fast learner individual who loves the world of technology include: digital marketing, graphic design, blogging and programming.

No comments

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)