10 Secondary Rider Terkuat era Heisei

Afif Dalma
July 15, 2021
1 Comments

10 Secondary Rider Terkuat era Heisei

Kamen Rider kini menjadi sebuah franchise yang hampir dikenal di seluruh dunia, khususnya di Indonesia. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pasti kenal dengan superhero yang akrab dipanggil ksatria baja hitam ini. Serial yang sudah ada sejak tahun 1970-an ini masih berlanjut hingga saat ini, dan sudah memasuki era baru (Reiwa).

Sebelumnya saya sudah membahas tentang 20 main rider era Heisei terkuat berdasarkan basic form. Tentu rasanya kurang jika tidak membahas tentang secondary rider, yang merupakan partner sekaligus rival dari si rider utama. Kemunculan secondary rider di serial kamen rider tentunya menambah keseruan cerita, sebab tak jarang mereka memiliki peran yang cukup penting. 

Selain Kuuga, semua serial Kamen Rider di sepanjang era Heisei memiliki secondary rider hingga extra ridernya masing-masing. Secondary rider di setiap serial pun memiliki kekuatan yang berbeda-beda, dan berikut adalah 10 secondary rider terkuat era Heisei.



10. Kamen Rider Meteor

Seni bela diri ala-ala Bruce Lee menjadi salah satu kemampuan yang dimiliki kamen rider Meteor. Ryusei Sakuta mampu berubah menjadi kamen rider Meteor dengan mengakses satelit bernama M-BUS. Ia bertarung sebagai Meteor karena memiliki masa lalu yang kurang menyenangkan terhadap Zodiarts. Alhasil ia memiliki tujuan yang berbeda dengan Fourze dalam hal membasmi para Zodiarts. 


9. Kamen Rider Birth

Shintaro Goto dan Akira Date adalah sosok dibalik kamen rider Birth. Walaupun begitu, Akira Date lah yang merupakan user utama Birth. Berbeda dengan OOO yang bertransformasi menggunakan Core Medal, Akira Date hanya perlu menggunakan Cell Medal untuk henshin. Birth memiliki beragam senjata unik yang digunakan ketika bertarung, namun untuk memanggil senjata ini Birth harus menggunakan Cell Medal terlebih dahulu.


8. Kamen Rider Zeronos

Sakurai Yuto merupakan seorang kamen rider yang menjaga arus waktu dari para Imagin. Ia mampu bertransformasi menjadi kamen rider Zeronos dengan menggunakan belt dan kartu Zeronos. Sayangnya, setiap kali ia henshin, ingatan orang-orang mengenai dirinya akan menghilang. Namun hal tersebut memang sebanding dengan kekuatan yang diperoleh Yuto, sebab mau tak mau ia harus membantu Ryotaro dalam membasmi para imagin. 


7. Kamen Rider Ibuki

Ibuki merupakan secondary rider yang berasal dari serial kamen rider Hibiki. Iori Izumi adalah orang yang dapat beubah menjadi sosok Oni ini. Berbeda dengan secondary rider lain yang dibalut dengan armor dan kostum, wujud kamen rider Ibuki justru merupakan wujud aslinya. Ini membuktikan bahwa Ibuki benar-benar bertarung sebagai dirinya sendiri. Ia juga memiliki senjata unik berpentuk terompet yang bisa digunakan untuk menembak. 


6. Kamen Rider G3

Tak seperti secondary rider lainnya yang bertransformasi menggunakan sebuah driver atau device, G3 menjadi satu-satunya secondary rider yang armornya harus dipasang secara manual. Bisa dibilang kamen rider G3 hanyalah sosok manusia dengan armor. Hal tersebut membuat Makoto Hikawa hanya bisa mengandalkan kemampuan fisiknya. Walaupun begitu, G3 dilengkapi dengan persenjataan berteknologi tinggi yang membuatnya bisa mengimbangi kekuatan para Unknown. 


5. Kamen Rider Accel

Ryu Terui merupakan salah satu anggota departemen kepolisian Futo, sekaligus sosok dibalik kamen rider Accel. Ia memiliki dendam pribadi kepada Weather Dopant, karena membunuh keluarganya. Sebagai seorang kamen rider, Accel sangatlah kuat, ia hanya mengandalkan dua buah Gaia Memory (Accel dan Engine) untuk memberantas para dopant. Seperti namanya, kemampuan Accel terfokus pada kecepatannya.


4. Kamen Rider Ixa

Dalam serial Kiva, kamen rider Ixa merupakan satu-satunya rider yang menggunakan sebuah sistem atau teknologi hasil ciptaan manusia (Aozora). Berbeda dengan G3 yang memiliki kemampuan terbatas, Ixa dilengkapi dengan fitur-fitur canggih serta teknik spesial yang membuatnya bisa mengalahkan para Fangire. Walaupun terdapat delapan orang yang pernah menjadi user Ixa, tetapi Keisuke Nago lah yang menjadi user utama Ixa.   


3. Kamen Rider Knight

Kamen rider Knight merupakan secondary rider yang cukup terampil dan kuat di serial Ryuki. Ren Akiyama adalah orang yang berada dibalik sosok kamen rider Knight. Ren memiliki alasan yang kuat untuk menghabisi para rider lain dalam event rider war. Setiap Knight bertarung, ia selalu siap menghabisi siapapun lawannya tanpa pandang bulu. Kamen rider Knight juga memiliki deck advent yang dapat menambah kekuatan tempurnya.


2. Kamen Rider Baron

Armored rider yang satu ini hampir bisa dibilang sebagai secondary rider terkuat. Sayangannya karena ambisi ingin menjadi kuat Kumon Kaito begitu besar, ia sampai rela menggunakan berbagai cara demi berada dipuncak. Hal tersebut membuat kamen rider Baron tidak bertarung menggunakan kekuatan aslinya. Namun kekuatannya memang tak bisa dipungkiri lagi, terutama saat ia menggunakan kekuatan dari berbagai macam Lockseed miliknya.


1. Kamen Rider Cross-Z

Adu jotos menjadi senjata utama bagi kamen Rider Cross-Z. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab Banjo Ryuga sendiri bukan lah seorang lelaki biasa, ia sejatinya merupakan mantan atlet petarung profesional dan merupakan salah satu korban eksperimen Faust. Hal tersebut membuatnya memiliki ketahanan terhadap gas Nebula, serta memiliki Hazard level yang cukup tinggi. Saat bertransformasi menjadi Cross-Z kemampuan bertarung Ryuga meningkat pesat, alhasil ia bisa dikatakan sebagai secondary rider terkuat.


Nah, itulah 10 secondary rider terkuat era Heisei. Dari sepuluh kamen rider diatas, mana nih yang menjadi favoritmu? Yuk berikan alasanmu di kolom komentar.


  1. Revel

    Kang curry kok gak masuk list?

    Reply

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)