Daftar Film dan Series MCU yang Akan Tayang Tahun 2022

Afif Dalma
January 20, 2022
1 Comments

Doctor Strange 2

Lewat beberapa film dan series Marvel Cinematic Universe yang telah ditayangkan selama tahun 2021 lalu, bisa kita lihat bahwa Marvel Studios benar-benar akan mengajak para penggemarnya untuk berkeliling ke semesta Marvel yang lebih luas lagi. Hal ini tak lepas dari tema yang diangkat, yaitu kosmik dan multiverse yang memang menjadi fokus utama di phase ke-4 ini. 

Di phase empat nanti kita tidak akan melihat lagi aksi dari pahlawan ikonik seperti Captain America, Ironman dan Black Widow. Namun kita akan diperkenalkan dengan pahlawan-pahlawan baru yang memiliki kekuatan mistik hingga kosmik. Tetapi dengan adanya konsep multiverse, tak menutup kemungkinan kalau para pendiri Avengers tersebut bisa balik lagi ke film dan series MCU di masa yang akan datang.

Seperti yang kita tahu, situasi pandemi COVID-19 membuat jadwal film MCU dalam dua tahun terakhir terganggu, sehingga pihak Marvel Studios pun terpaksa melakukan reschedule. Terdapat beberapa judul film dan series yang dijadwalkan tayang pada tahun 2022. Meski begitu, beberapa dari konten tersebut masih ada yang belum mendapat tanggal tayang pasti. 

Lantas apa saja film dan miniseries Marvel yang bakal tayang di sepanjang 2022 ini? Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Moon Knight

Moon Knight

Serial Moon Knight dijadwalkan tayang pada 30 Maret mendatang di platform streaming Disney Plus. Marvel Studios kembali memperkenalkan satu karakter baru yang akan menjadi bagian dari Marvel Cinematic Universe. Dia adalah Moon Knight, sosok pahlawan dengan kepribadian ganda.

Kisahnya sendiri berfokus pada Marc Spector (Oscar Isaac), seorang miliuner yang mengalami gangguan kepribadian sejak masih kecil. Namun setelah bertemu dengan Khonsu, dewa bulan Mesir Kuno, ia mendapat kekuatan gaib dan membuatnya menjadi sosok pahlawan bernama Moon Knight.

2. Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Setelah melihat kekacauan multiverse yang terjadi di film Spider-Man: No Way Home, banyak yang penasaran dengan lanjutan aksi Doctor Strange di sekuel film solonya. Pasalnya ia nanti akan kembali disibukkan dengan masalah baru yang muncul, yang masih terkait dengan multiverse.

Awalnya film ini dijadwalkan tayang pada bulan Maret, namun diundur ke bulan Mei karena ada beberapa adegan yang akan ditambahan. Kabarnya adegan tambahan ini akan menampilkan lebih banyak cameo yang rumornya merupakan anggota dari X-Men dan Fantastic Four.

3. Ms. Marvel

Ms. Marvel

Sebelum beraksi bersama Captain Marvel (Brie Larson) dan Monica Rambeau (Teyonah Parris) di film The Marvel yang akan tayang tahun depan, Ms. Marvel akan tampil lebih dulu di serial solonya yang akan tayang pada pertengahan tahun 2022 nanti.

Serial ini akan mengisahkan tentang superhero muslim pertama di MCU keturunan Pakistan-Amerika bernama Kamala Khan (Iman Vellani). Dia memiliki cita-cita untuk menjadi superhero kuat dan keren seperti idolanya Carol Danvers alias Captain Marvel. 

4. She-Hulk

She-Hulk

She-Hulk akan segera bergabung kedalam kelompok pahlawan perempuan di Marvel Cinematic Universe. Serialnya yang berjudul sama, masih belum mendapat tanggal tayang pasti, namun sudah dikonfirmasi akan tayang pada pertengahan tahun 2022.

Serial ini mengisahkan tentang seorang wanita bernama Jennifer Walters (Tatiana Maslany), yang merupakan sepupunya Bruce Banner (Mark Ruffalo). Seperti judulnya, ia akan berubah menjadi Hulk versi perempuan setelah mendapat transfusi darah dari Banner. Kabarnya serial ini akan kembali menampilkan Abomination yang sempat muncul dalam film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings.

5. Thor: Love and Thunder

Sejauh ini Thor menjadi satu-satunya superhero Marvel yang punya empat film solo. Film ini akan tayang pada 6 Juli mendatang, dengan disutradarai kembali oleh Taika Waititi, dan akan menampilkan karakter Jane Foster (Natalie Portman) sebagai Mighty Thor. Sehingga penggemar akan melihat dua versi Dewa Petir nantinya.

Meskipun plot dari film ini belum terungkap, namun kabarnya sosok Gorr the God Butcher (Christian Bale) akan menjadi musuh utamanya. Selain itu, Valkyrie (Tessa Thompson) akan menjabat sebagai raja Asgardian baru, dan sedang mencari sosok ratu sebagai pendampingnya.

6. Secret Invasion

Secret Invasion

Serial Secret Invasion bisa dibilang termasuk salah satu series MCU yang sangat dinantikan di tahun ini. Namun sampai saat ini jadwal tayangnya masih secret sama seperti judulnya. Tetapi rumornya serial ini akan tayang pada pertengahan tahun 2022 menyusul serial Ms. Marvel dan She-Hulk. 

Secret Invasion telah melangsungkan proses produksinya sejak 2021 lalu, dan ceritanya bakal berfokus pada Nick Fury (Samuel L. Jackson) yang harus menangani ras alien Skrull yang ternyata diam-diam sudah menginvasi Bumi. Dengan bergabungnya aktris Emilia Clarke tentunya akan menambah keseruan di serial ini. Ia akan memerankan karakter misterius yang masih belum diungkap oleh pihak Marvel.

7. Black Panther: Wakanda Forever 

Black Panther Wakanda Forever

Sekuel film solo Black Panther menjadi film blockbuster yang paling dinantikan di tahun ini, khususnya oleh penggemar Marvel. Walaupun tanpa kehadiran Chadwick Boseman sebagai T'Challa, Marvel tetap menggarap film ini tanpa melakukan recast terhadap karakter tersebut. Film ini dijadwalkan tayang pada 11 November mendatang.

Rumornya Black Panther: Wakanda Forever akan menjadi momen pewarisan dari identitas Black Panther kepada karakter lain. Selain itu, film ini juga bakal menjadi debut kemunculan pahlawan baru yaitu Riri Williams alias Ironheart sebelum tampil di serial solonya.

8. The Guardians of the Galaxy Holiday Special

The Guardians of the Galaxy Holiday Special

Setelah sebelumnya serial Hakeye tayang dengan mengangkat tema natal, maka di bulan Desember 2022 nanti giliran anggota Guardians of Galaxy. Mereka akan tampil di serial edisi spesial dari Marvel Studio yang akan tayang secara eksklusif di platform Disney Plus pada penghujung tahun.

Serial ini terinspirasi dari The Star Wars Holiday Special 1978. James Gunn kembali terlibat sebagai sutradara, proses syutingnya berbarengan dengan produksi film Guardians of the Galaxy Vol. 3 yang siap tayang pada tahun depan. Tak hanya itu, kisah GOTG Holiday Special kabarnya akan berhubungan langsung dengan film ketiga Guardians of the Galaxy tersebut.

9. I Am Groot

I Am Groot

Tidak hanya diwarnai serial live action, Marvel Studio juga turut menghadirkan serial animasi baru berjudul I Am Groot yang akan rilis pada tahun ini. Kisahnya sendiri akan berfokus pada sosok Baby Groot dan turut menampilkan sejumlah karakter baru dengan wujud yang aneh. Kemungkinan besar, serial ini bakal tayang berdekatang dengan serial GOTG Holiday Special.


Nah itu dia 9 film dan series Marvel Cinematic Universe yang akan rilis sepanjang tahun 2022. Oh iya, sebenarnya masih ada dua film Marvel lainnya yang tayang di tahun ini, tetapi tidak masuk bagian MCU. Kedua film tersebut yaitu Morbius dan Spider-Man: Across the Spider-Verse. 

  1. deamerina

    asliii aku paling nggak sabar nungguin dr. Strange 😆
    gegara kemaren liat Spiderman trus rada-rada lupa ceritanya dr. Strange jadi nonton ulang haha
    moga segera tayaangg!

    Reply

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)