Teknologi

Jangan Salah Beli! Ini Perbedaan PS5 Reguler Disc dan PS5 Digital Edition

Afif Dalma Afif Dalma
October 28, 2023
0 Comments
Home
Teknologi
Jangan Salah Beli! Ini Perbedaan PS5 Reguler Disc dan PS5 Digital Edition

PlayStation 5 atau PS5 adalah konsol generasi terbaru yang dikembangkan oleh Sony Interactive Entertainment dan pertama kali dipasarkan pada akhir tahun 2020 lalu. Konsol ini memiliki desain yang unik dan berbeda dari generasi-generasi sebelumnya.

Sayangnya desain tersebut malah menimbulkan pro dan kontra dikalang penggunanya. Meski begitu secara keseluruhan PS5 tetap menjadi konsol yang bagus dengan fitur-fitur yang sangat menonjol.

Sony merilis PS5 menjadi dua versi, yaitu PS5 Disc Edition dan PS5 Digital Edition. Sebelum membeli PS5, kamu perlu mengetahui tentang apa itu PS5 Disc dan PS5 Digital Edition beserta kelebihan dan kekurangannya.

PS5 Disc Edition

PS5 Disc Edition adalah versi PS5 yang memiliki drive disk di dalamnya. Drive disk sendiri berfungsi untuk memutar game yang bentuknya fisik seperti CD atau DVD. Selain untuk bermain game, kamu juga bisa memutar film Blu-Ray hingga kualitas 4K.

Kelebihan PS5 Disc Edition

Kelebihan utama dari versi PS5 Disc tentunya bisa bermain game fisik dan menonton film. Nantinya game-game yang sudah kamu tamatkan bisa kamu jual kepada orang lain. Begitu pula sebaliknya, kamu bisa membeli kaset BD PS5 bekas yang harganya jauh lebih murah. 

Meskipun jarang ditemukan kasus Bluray Disk rusak, tetapi kamu tetap harus berhati-hati demi mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Pasalnya cakram piringan CD dan DVD Bluray sangat rentan terhadap goresan.

Terlepas dari hal tersebut, dengan disematkannya disk drive pada versi ini, maka kamu harus siap-siap merogoh kocek lebih dalam. Pasalnya harga PS5 Disc Edition sedikit lebih mahal dibandingkan dengan versi Digital Edition.

PS5 Digital Edition

Jika Disc Edition memungkinkanmu bermain game fisik, maka PS5 Digital Edition adalah kebalikannya. Versi ini tidak memiliki disk drive sehingga kamu hanya bisa bermain game yang berbentuk digital. Kamu bisa membeli dan mengunduh game lewat PlayStation Store. 

Kelebihan PS5 Digital Edition

Dengan tidak adanya disk drive maka secara bobot PS5 Digital Edition lebih ringan dengan body yang juga lebih ramping. Harga konsolnya pun jauh lebih murah ketimbang versi Disc Edition. Kemudian game-game digitalnya tak kalah murah, terlebih lagi PlayStation Store sering mengadakan diskon besar-besaran di waktu tertentu.  

PS5 Digital Edition sepertinya memang ditujukan untuk kamu yang tidak suka ribet dan serba digital. Kalau koneksi internet di tempatmu tidak stabil, sebaiknya urungkan niat untuk membeli game digital.

Karena seperti yang diketahui, bahwa ukuran game digital PS5 bisa mencapai puluhan GB. Tentunya akan membutuhkan waktu lama apabila kamu tetap memaksakan download dengan koneksi iternet yang naik turun.

Selain itu, game-game yang sudah kamu beli akan bersifat permanen (tersimpan di akun PlayStation Network) dan tidak bisa diperjual belikan kepada orang lain.

Kesimpulan

Meski memiliki beberapa perbedaan, baik PS5 Disc Edition dan PS5 Digital Edition keduanya punya jeroan yang sama sehingga tidak ada perbedaan dari segi performa.

Keduanya sama-sama ditenagai processor octa core AMD Zen 2 dengan kecepatan 3,5 GHz diracik dengan RAM 16 GB. Untuk penyimpanannya pun keduanya sudah menggunakan SSD custom 825 GB yang dapat membaca data hingga 5,5 GB per detik.

Hal tersebut membuat proses rendering dari game AAA berjalan dengan sangat cepat. Terlebih lagi berkat adanya teknologi Ray Tracing membuat grafik pantulan cahaya dan bayangan objek tampak seperti tampilan di dunia nyata.

Jadi untuk masalah spesifikasi keduanya varian PS5 punya sistem yang sama persis. Perihal mau beli yang mana, tinggal menyesuaikan dengan budget serta prefensi masing-masing saja. 

Itulah pembahasan tentang perbedaan PS5 Reguler Disc dan PS5 Digital Edition. Semoga artikel ini bisa membantu kamu yang bingung ketika mau membeli PS5.

Blog authors

Afif Dalma
Afif Dalma
I'm a fast learner individual who loves the world of technology include: digital marketing, graphic design, blogging and programming.

No comments

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)