Rekomendasi

Rekomendasi Merk Oli yang Bagus untuk Vario 110 Karbu

Afif Dalma Afif Dalma
December 29, 2023
0 Comments
Home
Rekomendasi
Rekomendasi Merk Oli yang Bagus untuk Vario 110 Karbu

Honda Vario 110 (2008) adalah salah satu sepeda motor matic populer di Indonesia. Bagi kamu yang masih menggunakan motor Vario 110 karbu lama, tentu merasa bahwa performanya sudah tidak sebaik di masanya. 

Oleh karena itu, supaya motor Vario 110 milikmu tetap awet dan bisa bersaing dengan motor matic kekinian, kamu harus melakukan perawatan sebaik mungkin. Dalam hal ini, mengganti oli motor secara rutin menjadi wajib yang harus kamu lakukan. 

Namun kamu tidak boleh menggunakan merk oli sembarangan. Sebab jika motor Vario 110 menggunakan oli yang tidak sesuai spesifikasi, maka akan membuat performa motor jadi turun, dan bahkan mesin jadi rusak.

Kalau kamu masih bingung mencari rekomendasi oli yang tepat untuk motor Vario 110 karbu, kamu bisa simak artikel di bawah ini.

1. AHM MPX3

Sebagai salah satu produk motor Honda, oli AHM MPX3 produksi Astra Honda Motor tentunya sangat direkomendasikan untuk motor Vario 110. Kamu bisa menggunakan merk oli ini untuk membuat sepeda motor jadi lebih irit namun bertenaga.

Namun jangan sampai salah, sebab AHM MPX memiliki tiga varian. MPX1 dikhususkan untuk motor bebek dan sport, MPX2 untuk motor matic kekinian, sedangkan MPX3 ditujukan untuk motor-motor lawas. Harga oli jenis ini dibanderol seharga Rp. 45.000 untuk kapasitas 0,8 liter.

2. Federal Matic Scooter Y-Matic (20W-40)

Oli Federal Matic Scooter Y-Matic direkomendasikan untuk motor yang sudah berusia lima tahun ke atas. Termasuk digunakan untuk motor matic yang sudah berumur seperti Honda Vario 110 karbu dan Honda Scoopy lawas.

Federal Matic Scooter yang memiliki kekentalan 20W-40 ini umumnya dapat dikonsumsi motor matik bermesin 115 cc sampai 150 cc. Harga oli Federal Matic Scooter Y-Matic bisa dibilang cukup terjangkau yaitu Rp. 50.000 untuk kapasitas 0,8 liter.

3. Shell Advance 4T AX5 Scooter 

Sepeda motor yang sudah diskontinyu seperti Honda Vario 110 tentunya sangat rawan dengan partikel kotoran yang menggumpal di mesin. Jika dibiarkan terus menerus dapat menghambat kinerja mesin motor.

Dalam hal ini, oli Shell Advance 4T AX5 sangat direkomendasikan karena dapat melindungi mesin sekaligus membersihkan area piston. Shell Advance 4T AX5 dibanderol dengan harga Rp. 45.000 untuk kapasitas 0,8 liter.

4. Yamalube Power Matic

Meskipun diproduksi oleh pihak kompetitor, tapi tak ada salahnya untuk menggunakan oli Yamalube Power Matic. Mengingat oli itu adalah produk generik sehingga tidak mesti di pakai oleh satu merk motor saja.

Selain itu, Yamalube Power Matic memang dikhususkan untuk meningkatkan performa motor matic dan lebih hemat bahan bakar. Dengan kelebihan utama yakni mampu membersihkan mesin hingga celah tersempit. Untuk harganya sendiri yaitu dibanderol Rp. 50.000 untuk kapasitas 0,8 liter.

Itulah ulasan tentang rekomendasi merk oli yang bagus untuk Honda Vario 110 karbu. Harga oli di setiap daerah bisa jadi berbeda-beda. Pastikan untuk menggunakan oli yang tepat dan jangan sungkan untuk bertanya ke orang-orang disekitarmu yang paham tentang hal ini.

Blog authors

Afif Dalma
Afif Dalma
I'm a fast learner individual who loves the world of technology, such as digital marketing, graphic design, blogging and programming.

No comments

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)