Timnas

Cetak Sejarah Baru! 5 Fakta Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Afif Dalma Afif Dalma
January 27, 2024
0 Comments
Home
Timnas
Cetak Sejarah Baru! 5 Fakta Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Timnas Indonesia akhirnya lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 lewat jalur peringkat 3 terbaik. Skuad Garuda berhasil meraih tiket ke fase gugur berkat hasil imbang 1-1 antara Oman vs Kirgistan di match terakhir grup F Piala Asia Qatar.

Ini menjadi momen bersejarah karena untuk pertama kalinya Timnas Indonesia berhasil lolos dari babak grup dan melaju ke babak 16 besar.

Seperti diketahui, Piala Asia 2023 menjadi kali kelima Tim Garuda tampil setelah terakhir kali di edisi 2007. Indonesia berhasil lolos setelah mengalahkan Vietnam dengan skor tipis 1-0, dimana gol dicetak melalui titik penalti oleh Asnawi Mangkualam.

Berikut beberapa fakta-fakta menarik tentang keberhasilan Timnas Indonesia menembus babak 16 besar Piala Asia 2023.

1. Tampil lima kali di sepanjang edisi Piala Asia

Di sepanjang gelaran Piala Asia, Indonesia sudah tampil sebanyak lima kali. Tim Garuda pernah tampil pada edisi 1996, 2000, 2004, 2007 dan 2023. Sayangnya di empat edisi sebelumnya, perjalanan Timnas Indonesia hanya terhenti sampai fase grup saja.

Pada edisi terbaru Piala Asia 2023, Timnas Indonesia berhasil lolos secara dramatis dengan mengoleksi satu kemenangan dan dua kekalahan. Indonesia lolos sebagai peringkat tiga terbaik grup D, yang mana Irak secara mengejutkan menjadi pemuncak klasemen, diikuti Jepang sebagai runner-up.

2. Skuad termuda dan rangking FIFA terendah

Tak sedikit media luar yang menganggap sepele Timnas 0Indonesia. Hal ini lantaran skuad asuhan Shin Tae-yong menjadi tim dengan rata-rata usia termuda di turnamen tersebut.

Selain itu, Indonesia juga menjadi tim kedua dengan peringkat FIFA terendah yakni ranking 146 dunia. Jika dilihat secara matematis tentunya tak heran kalau Indonesia bukan termasuk tim yang diunggulkan. 

3. Lolos lewat jalur peringkat 3 terbaik

Di Piala Asia 2023 terdapat jatah empat slot untuk 3 tim peringkat terbaik dari masing-masing grup. Jalur ini menjadi satu-satunya harap bagi Timnas Indonesia untuk lolos ke fase berikutnya.

Nantinya keenam tim peringkat 3 dari masing-masing grup akan dinilai dari perolehan poin. Jika poinnya sama maka akan dihitung banyaknya jumlah goal, hingga akumulasi kartu.

Adapun tim yang lolos sebagai peringkat 3 terbaik antara lain Jordania (4 poin), Palestina (4 poin), Suriah (4 poin), dan Indonesia (3 poin). Oman dan China tersingkir karena hanya mampu mengoleksi 2 poin saja.

4. Selalu cetak gol di setiap pertandingan fase grup

Selain mencetak sejarah baru lolos ke babak 16 besar, skuad Garuda juga berhasil mecatatkan rekor baru dengan selalu mencetak gol di setiap laga fase grup D Piala Asia Qatar 2023. 

Total ada tiga gol yang masing-masing dilesatkan oleh Marselino Ferdinan ketika bersua Irak, Asnawi Mangkualam saat melawan Vietnam, dan Sandy Walsh ketika menghadapi Jepang. Tentunya ini menjadi suatu pencapaian positif yang bisa menjadi motivasi di Piala Asia edisi selanjutnya.

5. Berjumpa Australia di babak 16 besar

Di babak 16 besar skuad Garuda telah ditunggu tim kuat langganan Piala Dunia yakni Australia. Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Australia akan digelar pada hari Minggu, 28 Januari 2024 pukul 18.30 WIB di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Qatar. 

Australia sendiri keluar sebagai juara Grup B yang juga dihuni oleh Uzbekistan, Suriah dan India. Australia berhasil lolos ke fase gugur dengan mengantongi dua kali kemenangan dan satu kali imbang. Diikuti dengan Uzbekistan sebagai runner-up dan Suriah berada di peringkat 3 terbaik.

Blog authors

Afif Dalma
Afif Dalma
I'm a fast learner individual who loves the world of technology, such as digital marketing, graphic design, blogging and programming.

No comments

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)