Anime Manga

Dulu Logia, Kini Zoan Jadi Buah Iblis Paling OP di One Piece?

Afif Dalma Afif Dalma
March 26, 2024
0 Comments
Home
Anime
Manga
Dulu Logia, Kini Zoan Jadi Buah Iblis Paling OP di One Piece?
Buah iblis paling op di one piece

Di dalam cerita One Piece kita tahu bahwa terdapat dua kekuatan utama, yakni Haki dan Devil Fruit (buah iblis). Baik Haki maupun buah iblis punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun yang paling menarik tentunya eksistensi dari buah iblis. Pasalnya, buah terkutuk ini mampu memberikan kekuatan unik kepada para penggunanya.

Buah iblis juga dibagi ke dalam tiga tipe, yakni Paramecia, Zoan, dan Logia. Output kekuatan yang dihasilkan dari ketiga tipe buah iblis ini masing-masing berbeda. Seperti misalnya tipe Paramecia membuat penggunanya mendapat kekuatan super. Kemudian tipe Zoan memberikan kekuatan makhluk hidup (umumnya hewan) kepada penggunannya. Sedangkan tipe Logia memungkinkan penggunanya berubah menjadi suatu elemen. 

Meski begitu, nyatanya sejauh ini hanya dua tipe buah iblis yang benar-benar mendapat perhatian khusus di mata penggemar. Sebelum time skip, Logia dianggap sebagai buah iblis paling overpowered karena hanya bisa di counter menggunakan kekuatan Haki. 

Namun memasuki arc negara Wano, tipe Zoan mulai makin dibuat overpowered. Puncaknya ketika Luffy berhasil membangkitkan kekuatan Nika yang ternyata merupakan buah iblis tipe Mythical Zoan. Kemudian yang terbaru, kelima petinggi dunia (Gorosei) kemungkinan besar juga merupakan pengguna buah iblis Mythical Zoan.

Lantas apakah kini waktunya bagi Zoan yang awalnya di remehkan justru mampu menggeser Logia sebagai buah iblis paling OP? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Zoan mampu meningkatkan kekuatan fisik, Logia menawarkan kekebalan fisik

Seperti diketahui, buah iblis tipe Zoan membuat penggunanya bisa berubah menjadi hewan ataupun makhluk hidup lainnya. Ketika penggunanya mengakses kekuatan Zoan, mereka akan memperoleh peningkatan fisik, baik itu serangan maupun pertahanannya.

Namun itu tergantung dari tingkat rarity tipe Zoan itu sendiri. Karena setidaknya ada tiga kasta untuk tipe ini, yakni Zoan normal, Acient Zoan, dan Mythical Zoan. Nah, Mythical Zoan ini termasuk yang paling kuat sekaligus langka, karena jenis ini menawarkan bentuk transformasi makhluk mitos beserta efek spesialnya. Uniknya, seluruh buah iblis tipe Zoan memiliki kehendak sendiri. 

Sementara itu buah iblis tipe Logia menawarkan kekuatan alam (elemental) kepada penggunanya. Dalam hal ini pengguna Logia bisa mengubah seluruh anggota tubuhnya menjadi suatu zat atau elemen. Dengan begitu mereka bisa menghindari segala serangan fisik karena tiap serangan akan menembus tubuh mereka. Namun terdapat jenis Logia yang cukup unik, yakni Yami Yami no Mi milik Teach, meskipun bertipe Logia tetapi tubuh penggunanya tidak kebal terhadap serangan fisik.

Umumnya pengguna buah iblis Logia bisa dikalahkan dengan Bushoshoku Haki, atau dengan sesama tipe Logia yang kekuatan elemennya lebih powerful. Sebagai contoh misalnya Ace sebagai pengguna kekuatan api tidak bisa mengalahkan Akainu yang merupakan manusia magma. Hal ini dikarenakan karakteristik magma yang bisa melahap api.

2. Awakening tipe Zoan dan Logia

Awakening adalah keadaan dimana pengguna buah iblis telah mencapai puncak kekuatan tertingginya. Awakening juga bisa disebut sebagai kebangkitan, dimana pengguna buah iblis sudah mengontrol kekuatannya secara penuh, bahkan mereka juga bisa mempengaruhi lingkungan sekitarnya.

Untuk tipe Zoan yang sudah Awakening ditandai dengan munculnya awan berbentuk selendang yang menyelimuti punggung penggunanya. Awakening tipe Zoan pertama kali diperlihatkan di arc Impel Down, yakni empat anggota Jailer Beast. Meski sudah awakened tetapi mereka justru menjadi liar seakan telah dikuasai oleh kehendak buah iblisnya. 

Sementara itu Awakening tipe Logia sejauh ini belum dijelaskan secara detail oleh Eiichiro Oda. Akan tetapi terdapat beberapa hal yang bisa menjadi petunjuk dari Awakening Logia. Adapun pengguna Logia yang diyakini telah membangkitkan kekuatan Awakening-nya yaitu Akainu dan Aokiji.

Mereka berdua pernah bertarung selama sepuluh hari di pulau Punk Hazard untuk memperebutkan posisi Fleet Admiral. Pertarungan tersebut berakhir dengan kekalahan Aokiji, dan keduanya sama-sama mendapat luka serius. Menariknya, setelah pertarungan tersebut pulau Punk Hazard terbagi menjadi dua bagian, yakni separuh terbakar dan separuhnya lagi membeku.

Kemudian admiral Ryokugyu dengan buah Mari-Mari no Mi juga disinyalir telah mencapai tahap Awakening. Pasalnya Ryokugyu mampu membuat subur tanah Wano yang gersang hanya dengan melewatinya saja. Jadi bisa diasumsikan kalau salah satu ciri Awakening Logia itu bisa membawa perubahan (iklim) terhadap lingkungan sekitar.

 3. Beberapa karakter penting merupakan pengguna Zoan

Entah kenapa setelah memasuki arc negara Wano, buah iblis tipe Logia seakan mulai kehilangan pamornya. Hal ini tak lepas dari banyaknya karakter yang diperkenalkan sebagai pengguna buah iblis tipe Zoan. Sebelumnya Eichiro Oda pernah mengatakan bahwa Zoan adalah buah iblis terkuat di serial One Piece.

Eichiro Oda kembali memperkuat statement-nya itu dengan membuat plot twist bahwa sang tokoh utama, yakni Monkey D. Luffy sebenarnya adalah pemakan buah iblis Mythical Zoan. Tak hanya itu, banyak juga karakter penting yang diketahui sebagai pengguna tipe Zoan. Mulai dari Rob Luci, Marco, Catarina Devon, Sengoku, Yamato, Kaido dan komplotannya, hingga kelima Gorosei.

Tentunya hal ini memberikan gambaran bahwa Zoan termasuk buah iblis yang cukup diperhitungkan. Apalagi dengan bertambahnya pengguna Mythical Zoan membuat persaingan tentang kekuatan buah iblis makin timpang tindih.

4. Jadi lebih kuat Logia atau Zoan?

Meskipun Logia diunggulkan karena punya sifat dasar elemen, tetapi Zoan adalah paket komplit. Terutama Mythical Zoan, dimana penggunanya mendapat kemampuan regenerasi hebat, peningkatan kekuatan, serta kemampuan spesial dari makhluk mitologi.

Sebenarnya kalau kita bandingkan secara logika, maka Zoan lebih unggul dari Logia. Apalagi tipe Zoan bisa menggunakan mode Hybrid. Tentunya jika kekuatan Zoan dikombinasikan dengan Haki yang kuat maka menyerang pengguna Logia bukanlah hal yang sulit. Sebaliknya pengguna Logia belum tentu bisa memberikan serangan fatal kepada tipe Zoan karena punya regenerasi tinggi (tidak termasuk Kaido, karena dia dilukai murni oleh pengguna Haki).

Ketiga jenis buah iblis bisa kita asumsikan sebagai gunting, batu, dan kertas. Sehingga baik itu Paramecia, Zoan, maupun Logia masing-masing punya keunggulan dan kelemahannya antar satu dengan yang lain. Bagaimana menurut pendapatmu? Yuk komen di bawah ini.

Blog authors

Afif Dalma
Afif Dalma
I'm a fast learner individual who loves the world of technology include: digital marketing, graphic design, blogging and programming.

No comments

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)