Perlukah Kita Membeli Smartphone Mahal? - AFIF SHARING - Media Sharing Informasi, Anime, Manga, dan Pengetahuan lainnya
8406c5836449ef6744c85d57eb1dcbc06e6a18607d81025719e8a3a20ba72aa394e929e6fb7b62ca

Perlukah Kita Membeli Smartphone Mahal?

October 01, 2019 By: Muhammad Afif Dalma - 2 Comments

Memasuki penghujung tahun 2019, banyak vendor smartphone yang gencar mengeluarkan flagship smartphone terbaru mereka. Seperti yang masih anget kayak Iphone 11 dan Redmi Note 8, semua orang dibuat tergiur oleh flagship terbaru ini, termasuk saya sendiri. Namun sebuah pertanyaan mulai muncul di pikiran saya, seperti "Perlukah kita membeli smartphone mahal?". Mari simak artikel berikut.

Kebutuhan akan smartphone bagi setiap individu pastinya berbeda-beda, karena di era teknologi seperti sekarang ini, fungsi smartphone bukan lagi sekedar alat komunikasi belaka, smartphone memiliki bermacam-macam fungsi yang bisa memanjakan user/pengguna-nya. Sebut saja untuk bermain game, fotografi, dan menonton film.  

Oleh karena itu di era teknologi seperti sekarang ini, smartphone "mungkin" sudah menjadi salah satu barang yang harus dimiliki setiap orang. Namun yang menakutkan adalah flagship smartphone yang kian hari kian bertambah. Mungkin bagi kebanyakaan orang, munculnya smartphone-smartphone tipe terbaru merupakan hal yang sudah ditunggu-tunggu, namun bagi beberapa orang hal itu justru malah meningkatkan daya konsumtif mereka.

Belum lagi harga yang dibanderol terbilang mahal. Memang sih smartphone mahal itu ditargetkan untuk kalangan menengah keatas, namun seperti yang saya bilang tadi, ketika daya konsumtif seseorang muncul maka orang tersebut tidak akan bisa berpikir secara rasional dan hanya mementingkan hawa nafsunya sehingga mengesampingkan kebutuhan yang lebih penting. Oke lah kalau orang tersebut memiliki uang yang lebih dari cukup, tetapi bagaimana untuk yang ekonominya pas-pasan?



Saya pernah melihat sebuah artikel tentang seorang anak yang minta dibelikan smartphone mahal ke orang tuanya karena gengsi menggunakan hp murah. Orang tuanya pun membelikannya, tapi bukan karena mampu, melainkan karena terpaksa mengikuti keinginan dari sang anak. Ini hanya sebagai gambaran bahwa kehadiran smartphone selain bisa menguntungkan juga bisa menakutkan.

Akan lebih baik jika kamu bisa membeli smartphone menggunakan uangmu sendiri, baik itu uang dari hasil menabung atau uang hasil jerih payahmu sendiri. Tak perlu beli yang harganya mahal, meskipun murah, dapat membeli smartphone dengan menggunakan uang sendiri menjadi suatu kebanggaan bagi dirimu. Oleh sebab itu sebelum kamu membeli sebuah smartphone, kamu harus melihat segi kebutuhanmu terlebih dahulu. Kalau smartphone murah saja bisa memenuhi kebutuhanmu, kenapa harus beli yang mahal.

Kembali lagi ke pertanyaan awal, Perlukah kita membeli smartphone mahal? Menurut saya jawabannya tidak perlu. Membeli smartphone mahal tidak memberikan begitu banyak manfaat, paling hanya unggul dalam segi desain dan kamera saja. Saya sendiri masih menggunakan smartphone yang terbilang "cukup" tertinggal, tapi bagi saya bukan masalah selagi masih bisa digunakan untuk sosmed-an dan bermain game seperti Mobile Legends. Hal ini bukan berarti saya anti dengan smartphone mahal ya. Lantas bagaimana pendapatmu?
View: - Tags: Teknologi
  1. kalo ane sih cukup ponsel sederhana aja, yg penting bisa buat semua kepentingan, mampir ke www.masdejay.com

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)