Daftar Lengkap Pokemon Legendaris Generasi 1 hingga 8 (Kanto-Galar)

Afif Dalma
September 24, 2019
0 Comments

Tak bisa dipungkiri lagi kalau Pokemon kini sudah menjadi franchise yang terkenal di seluruh dunia. Saat ini seri Pokemon sudah memasuki generasi delapan. Selama delapan generasi, sudah lebih dari 890 jenis Pokemon yang dimunculkan. Meski begitu, yang paling menarik perhatian tentunya kehadiran para Pokemon legendaris dan juga Pokemon mistik.

Pokemon legendaris sendiri merupakan monster langka yang keberadaannya bisa dibilang ada dan bisa dibilang tidak. Kekuatan mereka tentunya tidak perlu dipertanyakan lagi, bahkan beberapa dari mereka bisa mengendalikan cuaca, alam, hingga ruang waktu. Maka tak heran kalau Pokemon legendaris dikatakan sebagai Pokemon terkuat.

Jika mengacu pada seri anime-nya, Pokemon legendaris biasanya muncul di episode spesial atau movie. Akan tetapi, tak jarang juga mereka dimunculkan dalam seriesnya. Berikut adalah Pokemon legendaris dari generasi pertama hingga generasi kedelapan.

Pokémon Legendaris Kanto

Legendary Pokemon Gen 1

Pokémon Legendaris yang pertama kali diperkenalkan dalam series Pokemon berasal dari wilayah Kanto. Setidaknya ada empat Pokemon yang diperkenalkan, yakni Zapdos, Articuno, Moltres, dan Mewtwo.

1. Legendary Birds

Legendary Birds merupakan kelompok Pokemon legendaris yang terdiri dari Articuno, Zapdos, dan Molters. Ketiganya merupakan burung mitos yang menguasai pulau Shamouti. Legendary Birds pertamakali muncul di film Pokemon: The Power of One. Legenda lokal mengatakan jika ketiganya bentrok, maka akan terjadi pertarungan yang hebat dan hanya Lugia yang bisa menghentikannya. Selain itu nama dari ketiga Pokemon ini juga memiliki arti dalam bahasa Spanyol.

  • Articuno"Artic", merujuk pada daerah geologis (daerah kutub), dan "uno" berarti satu.
  • Zapdos = "Zap", serangan yang terkait dengan listrik, dan "dos" berarti dua.
  • Moltres = "Molt", berasal dari molten (lelehan), dan "tres" berarti tiga.

2. Mewtwo

Berbeda dengan Mew yang masuk dalam kategori Pokemon mistik, Mewtwo justru masuk dalam kelompok Pokemon legendaris. Pokemon ini memiliki penampilan yang hampir mirip seperti Mew, hanya saja ukuran tubuhnya jauh lebih besar. Ini tak mengherankan, mengingat Mewtwo sendiri diciptakan oleh ilmuwan dengan menggunakan genetik dari Mew. Kekuatan mereka pun tak jauh berbeda.

Pokémon Legendaris Johto

Legendary Pokemon Gen 2

Berikutnya Pokemon legendaris generasi kedua berada di wilayah Johto. Mereka terdiri dari dua kelompok Pokemon, yakni Legendary Beasts dan Legendary Tower Duo. Namun keduanya sama-sama mewakili sebuah elemen.

1. Legendary Beasts

Legendary Beast merupakan Pokémon Legendaris yang berbentuk hewan sejenis kucing. Sebelum menjadi Pokémon Legendaris mereka bertiga hanyalah Pokemon biasa yang mati karena terperangkap dalam suatu bencana. Namun Ho-oh menghidupkan ketiga Pokemon tersebut dan menjelma menjadi Pokemon yang berbeda. Mereka terdiri dari :

  • Entei (melambangkan api yang menghanguskan menara)
  • Suicune (melambangkan air hujan yang memadamkan api)
  • Raikou (melambangkan petir yang menghanguskan menara)

2. Tower Duo

Ho-oh dan Lugia dikenal sebagai pelindung langit (Guardian of Skies) dan pelindung lautan (Guardian of Seas). Mereka berdua sebelumnya tinggal di kota Ecruteak, namun karena suatu alasan Lugia pun melarikan diri ke pulau Whirlpool, sementara Ho-oh pergi mencari trainer berhati murni. Uniknya, Ho-oh merupakan pemimpin dari Legendary Beasts, sementara Lugia menjadi pemimpin dari Legendary Birds.

Pokémon Legendaris Hoenn

Legendary Pokemon Gen 3

Selanjutnya adalah Pokémon Legendaris generasi ketiga yang berada di wilayah Hoenn. Di generasi ketiga ini Pokémon Legendaris mengambil peran yang lebih besar dalam alur cerita. Terdapat beberapa kelompok Pokémon Legendaris antaralain Legendary Titans, Eon Duo, dan Weather Trio. Serial anime untuk generasi ketiga ini berjudul Pokémon the Series: Ruby and Sapphire.

1. Legendary Titans

Legendary Titans atau juga dikenal sebagai Trio Golem terdiri dari tiga Pokemon berbentuk golem, yaitu Regirock, Registeel, dan Regice. Menurut legenda Hoenn, ketiganya diciptakan oleh master mereka yaitu Regigigas. Ketiga pokemon ini menggambarkan tiga zaman dalam kehidupan manusia, yaitu zaman batu, zaman es, dan zaman besi.

2. Eon Duo

Latias dan Latios merupakan Pokemon legendaris kakak-beradik yang memiliki bentuk seperti burung, dengan kedua sayap yang menyerupai sayap pesawat. Mereka bisa terbang lebih cepat dari pesawat jet dengan menyelipkan sayapnya ke lengan depan. Selain itu, mereka juga memiiki kekuatan psikis yang memungkinkan mereka untuk membagi penglihatannya.

3. Weather Trio

Weather Trio merupakan Pokemon legendaris kuno yang mewakili unsur cuaca. Menurut legenda Hoenn, mereka dapat mengubah bentuk susunan bumi, dimana Kyogre dapat memanggil hujan dan menciptakan laut, sementara Groudon menggunakan panas untuk mengusir hujan dan memperluas daratan. Kedua Pokemon ini bentrok setiap kali mereka bertemu, dan hanya bisa dihentikan oleh Rayquaza yang tinggal di atmosfer. 

Uniknya, masing-masing dari Weather Trio memiliki form Primal. Tak hanya itu, mereka juga mampu bertransformasi ke dalam bentuk Mega Evolution. Ketiga Pokemon ini pernah muncul baik di anime maupun film. Gourdon pernah muncul di film Jirachi: Wish Maker, Rayquaza menjadi antagonis utama di Destiny Deoxys, dan Kyogre turut muncul di Pokémon Ranger and the Temple of the Sea

Pokémon Legendaris Sinnoh

Legendary Pokemon Gen 4

Series Pokemon generasi keempat berfokus di wilayah Sinnoh. Terdapat delapan Pokemon Legendaris yang mendiami daerah tersebut. Adapun series anime untuk generasi keempat berjudul Pokémon the Series: Diamond and Pearl.

1. Lake Guardians

Para penjaga danau (Lake Guardians) istilah yang digunakan untuk tiga Pokemon legendaris yang berada di tiga danau Sinnoh. Lake Guardians diciptakan oleh Arceus. Mereka di antaranya, yaitu Uxie, Mesprit dan Azelf. Ketiganya merupakan Pokemon bertipe psikis yang mewakili pengetahuan, emosi, dan kemauan.

Ketiga Pokemon tersebut belum pernah muncul di film, namun mereka pernah muncul dalam series Pokemon Diamond and Pearl. Di series tersebut, Lake Guardians ditangkap oleh tim Galactic, kemudian kekuatan mereka digunakan untuk mengendalikan Palkia dan Dialga. 

2. Trio Creation

Creation Trio merupakan Pokemon legendaris yang memiliki wujud naga, oleh sebab itu mereka juga dijuluki dengan istilah Dragon Trio. Ketiga Pokemon ini antara lain, Dialga si penguasa waktu, Palkia si penguasa ruang, dan Giratina si pengendali antimateri. Menurut legenda Sinnoh ternyata Creation trio juga diciptakan oleh Arceus.

Ketiga Pokemon ini mampu berubah ke bentuk yang lebih kuat. Bentuk tersebut dikenal sebagai Origin Form, yang dikatakan sebagai bentuk asli mereka. Dialga, Palkia, dan Giratina, masing-masing terhubung ke Adamant Crystal, Lustrous Globe, dan Griseous Core.

3. Heatran

Heatran merupakan Pokemon legendaris yang tinggal di sebuah gunung berapi. Meskipun Heatran diciptakan bersamaan dengan Palkia, Dialga dan Giratina, namun ia tidak termasuk ke dalam Trio Creation. Hal ini dikarenakan kekuatan Heatran tidak berkonstribusi terhadap pembentukukan ruang dan waktu. Uniknya lagi, Heatran merupakan satu-satunya Pokemon legendaris yang memiliki dua gender sekaligus. 

4. Regigigas

Regigigas menjadi satu-satunya Pokemon legendaris dengan tipe Normal murni hingga artikel ini dirilis. Ia merupakan master dari Trio Golem, sebab ia lah yang menciptakan Regirock, Registeel dan Regice. Legenda Sinnoh juga mengatakan bahwa Regigigas merupakan sosok yang menarik benua hingga ke posisi saat ini.

Pokémon Legendaris Unova

Pokemon Legendaris Gen 5

Selanjutnya kita akan mengenal Pokemon legendaris yang muncul di wilayah Unova, yang merupakan generasi kelima. Terdapat tiga kelompok Pokemon legendaris di generasi kelima ini. Serial anime untuk generasi kelima adalah Pokémon the Series: Black and White

1. Swords of Justice

Swords of Justice merupakan sebuah kelompok yang beranggotakan empat Pokemon Legendaris. mengangkat tema ksatria. Kelompok ini pertamakali muncul di film Kyurem vs the Swords of Justice, dengan mengangkat teman layaknya ksatria. Mereka ada untuk melindungi Pokemon yang kehilangan tempat tinggal karena ulah manusia. Masing-masing anggota memiliki tipe petarung dengan tipe sekunder sesuai dengan nama mereka masing-masing.

  • Cobalion, "Cobalt" merujuk pada tipe baja.
  • Terrakion, "Terra" merujuk pada tipe tanah.
  • Virizion, "Viridian" merujuk pada tipe rumput.
  • Keldeo, "Kelpie" merujuk pada tipe air.

2. Forces of Nature

Generasi kelima turut menghadirkan Pokemon legendaris lainnya, yakni Forces of Nature. Mereka terdiri dari tiga Pokemon dan masing-masing diantaranya mewakili kekuatan alam. Ketiga Pokemon tersebut yaitu Tornadus mewakili angin, Thundurus mewakili petir, dan Landorus mewakili tanah sekaligus sebagai pemimpin kelompok ini. Uniknya, Tornadus adalah Pokemon pertama yang murni bertipe flying.

3. Tao Trio

Tao Trio adalah Pokemon legendaris yang beranggotakan tiga naga simbolik. Setiap naga adalah simbol dari energi tertentu dalam Taoisme. Reshiram adalah simbol Yang dan mampu mengendalikan api, Zekrom mewakili Yin yang mampu mengendalikan listrik sementara Kyurem adalah Wuji yang mengendalikan es.

Ketiga Pokemon tersebut awalnya berasal dari satu naga. Namun, naga tersebut terpecah menjadi dua bagian setelah tuan mereka berdebat. Kedua naga tersebut kemudian dikenalkan sebagai Reshiram dan Zekrom. Sementara itu, Kyurem diciptakan dari sisa-sisa naga asli. Hal inilah yang membuat Kyurem mampu menyatu dengan Reshiram maupun Zekrom. Reshiram dan Zekrom pernah muncul di film Black: Victini dan White: Victini. Sedangkan Kyurem muncul di film Kyurem vs the Swords of Justice sebagai tokoh antagonis utama.

Pokémon Legendaris Kalos

Pokemon Legendaris Gen 6

Pada generasi keenam kita diperkenalkan dengan series Pokemon XYZ, yang termasuk series anime terbaik. Sayangnya generasi tersebut hanya memiliki tiga Pokemon legendaris saja. Ketiga Pokemon ini tergabung dalam satu kelompok, yakni Aura Trio.

1. Aura Trio

Aura Trio terdiri dari tiga Pokemon legendaris yaitu Xerneas, Yveltal, dan Zygarde. Xerneas dan Yveltal adalah simbol dari kehidupan dan kematian. Xerneas merupakan sosok Pokemon yang bisa memberikan kehidupan untuk lingkungan di sekitarnya, sedangkan Yvelltal justru mengambil mengambil kehidupan dari semua yang ada disekitarnya.

Untuk mencegah terjadinya bentrok antar dua Pokemon ini, munculah Zygarde yang digambarkan sebagai penjaga ekosistem. Ia akan mengambil tindakan jika merasakan suatu ancaman terhadap dirinya atau lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu ia selalu memantau keseimbangan antara Xerneas dan Yveltal. Zygarde sendiri selalu muncul di seri anime Pokemon XYZ, termasuk dalam film Volcanion and Mechanical Marvel. Sementara Xerneas dan Yveltal hanya muncul di film Diancie and the Cocoon of Destruction.

Pokémon Legendaris Alola

Legendary Pokemon Gen 7

Seri Pokemon generasi ketujuh berfokus di sebuah pulau bernama Alola. Baik game maupun anime-nya sama-sama diberi judul Pokemon Sun and Moon. Seri ini memiliki delapan Pokemon legendaris, tetapi maskot utamanya adalah Solgaleo dan Lunala yang mewakili Sun and Moon itu sendiri.

1. Beast Killer

Demi mengalahkan Ultra Beast, Aether Foundation mengerjakan sebuah proyek bernama Beast Killer untuk menciptakan Pokemon kuat dengan menggunakan DNA dari setiap jenis Pokemon, termasuk milik Arceus. Proyek tersebut berhasil menciptakan Pokemon yang diberi nama Type: Full. Akan tetapi, dikarenakan Pokemon tersebut tidak bisa mengendalikan sistem RKS, proyek tersebut akhirnya dinyatakan gagal, dan namanya diganti menjadi Type: Null. Tak hanya itu, ia juga dipasangkan sebuah topeng yang berguna untuk mengontrol kekuatannya.

Namun, setelah Type: Null menjadi partner dari Gladion, ia mampu mengaktifkan sistem RKS, dan melepaskan diri dari topeng tersebut. Pada akhirnya Type: Null mengungkap bentuk aslinya yang kemudian diberi nama Silvally.

2. Guardian Deities

The Guardian Deities merupakan Pokemon legendaris yang dikenal sebagai penjaga pulau yang ada di wilayah Alola. Selain berperan melindungi pulau, mereka juga kerap kali memberi hadiah kepada orang yang mereka sukai, terkadang mereka memberikan Z-Rings atau Z-Power Rings untuk orang-orang seperti Kahunas atau sebagai hadiah. Dahulu kala, legenda Alola mengatakan bahwa Guardian Deities berperang melawan para Ultra Beasts yang menginvasi Wilayah Alola.

  • Tapu Koko merupakan pelindung pulau Melemele
  • Tapu Lele merupakan pelindung pulau Akala
  • Tapu Bulu merupakan pelindung pulau Ula'ula
  • Tapu Fini merupakan pelindung pulau Poni

3. Sun and Moon Line

Sun and Moon diwakili oleh Pokemon legendaris yakni Solgaleo dan Lunala. Masing-masing merupakan simbol dari matahari dan bulan, dan dianggap sebagai utusan dari langit. Solgaleo disebut sebagai binatang yang melahap matahari, sementara Lunala dikenal sebagai binatang yang memanggil bulan.

Di dalam seri Pokemon Sund and Moon, terungkap bahwa duo Pokemon ini memiliki garis evolusi, dimulai dengan Cosmog, kemudian menjadi Cosmoem, dan terakhir menjadi Solgaleo atau Lunala. Selain itu, terungkap juga bahwa sebenarnya mereka berasal dari dunia lain, yaitu tempat bernama Ultra Space. Uniknya, Ultra Beasts juga berasal dari tempat tersebut. 

4. Necrozma

Jika kekuatan Solgaleo dan Lunala murni berasal dari cahaya matahari dan bulan, Necrozma justru sebaliknya, ia mendapat kekuatan dengan mencuri cahaya. Padahal, dulunya Necrozma merupakan makhluk yang terbentuk dari berbagai cahaya dari dunia lain, termasuk dunia Pokemon. Akan tetapi, kekuatannya malah dimanfaatkan oleh orang-orang Ultra Megalopolis. Akibatnya, Necrozma pun kehilangan cahaya miliknya, dan memperoleh bentuk prisma hitam yang berisi kebencian terhadap orang-orang Ultra Megalopolis.

Necrozma memiliki tiga bentuk alternatif, yaitu Dusk Mane Necrozma ketika menyerap Solgaleo, Dawn Wings Necrozma ketika menyerap Lunala, dan Ultra Necrozma yang merupakan bentuk aslinya dengan menyerap semua energi Solgaleo atau Lunala. Bersama Solgaleo dan Lunala, Necrozma juga  merupakan anggota dari trio cahaya (Light Trio).

Pokémon Legendaris Galar

Saat ini Pokemon sudah memasuki generasi kedelapan. Seri game terbarunya diperkenalkan dengan judul Sword and Shield. dengan memperkenalkan wilayah baru bernama Galar. Cerita dalam game tersebut turut diadaptasi ke dalam series anime yang berjudul Pokemon Journeys: The Series.

1. Hero Duo

Zacian dan Zamazenta adalah dua prajurit Pokemon legendaris yang mendiami wilayah Galar. Keduanya dianggap sebagai pahlawan oleh penduduk setempat, sebab mereka berhasil menyelamatkan Galar dari bencana The Darkness Day, hari ketika beberapa Pokemon liar berubah ke bentuk Dynamax dan menyebabkan kekacauan di wilayah tersebut.

Baik Zacian maupun Zamazenta memiliki senjata suci yang membuat kekuatan mereka berada di tingkat yang berbeda. Tanpa senjata suci tersebut, keduanya tidak dapat berubah ke bentuk aslinya. Zacian dengan pedang suci miliknya dikenal sebagai Pedang Mahkota, sementara Zamazenta yang memegang perisai dikenal sebagai Perisai Mahkota. Pokemon legendaris ini pernah tampil di series Pokemon Journey.

2. Galarian Legendary Birds

Salah satu hal yang menarik dari generasi kedelapan, yaitu mereka memiliki varian dari Legendary Birds yang merupakan Pokemon legendaris generasi pertama. Akan tetapi, Legendary Birds versi Galar memiliki tipe serta penampilan yang berbeda dengan versi originalnya.

3. Eternatus

Enternatus adalah Pokemon legendaris yang berasal dari luar angkasa pada 20.000 tahun yang lalu. Ia merupakan sosok yang bertanggung jawab atas peristiwa The Darkness Day di masa lalu. Setelah dikalahkan oleh Zacian dan Zamazenta, energi Eternatus bocor dan menciptakan Power Spot, yang merupakan pemicu dari transformasi Dynamax.

Selain itu, Eternatus memiliki bentuk Eternamax. Dalam bentuk ini, kekuatanya meningkat pesat sehingga menyebabkan terjadinya badai besar energi Dynamax di sekitarnya. Di gamenya sendiri, Eternamax Eternatus sulit untuk dikalahkan, sebab ia memiliki teknik bertarung yang unik.

4. Urshifu

Urshifu adalah Pokemon legendaris tipe petarung yang merupakan evolusi dari Kubfu. Pokemon ini terkenal akan seni bela dirinya. Uniknya, Urshifu memiliki dua jenis, yaitu Single Strike Style dan Rapid Strike Style. Keduanya memiliki tipe dan gaya bertarung yang berbeda.

5. New Legendary Titan

Generasi kedelapan turut menghadirkan Pokemon legendaris Regi lainnya, yaitu Regieleki dan Regidrago. Sesuai namanya, kedua Pokemon tersebut masing-masing bertipe listrik dan naga. Sama seperti trio Regi lainnya, mereka juga diciptakan oleh Regigigas.


Itulah daftar lengkap Pokemon legendaris dari generasi 1 hingga 8. Dari semua Pokemon legendaris di atas, Pokemon mana yang menjadi favorit kalian?

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)