Pengetahuan

5 Hal yang Akan Terjadi Kalau Kamu Malas Ganti Oli Motor

Afif Dalma Afif Dalma
February 11, 2022
13 Comments
Home
Pengetahuan
5 Hal yang Akan Terjadi Kalau Kamu Malas Ganti Oli Motor

Suzuki Smash FI

Mengganti oli mesin merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh para pengendara motor karena akan menentukan nasib dari kendaraan mereka. Walaupun motor hanyalah benda mati, tetapi dia tetap harus diperhatikan dan dirawat, termasuk salah satunya yaitu ganti oli.

Walau begitu nyatanya banyak sekali para pengendara atau pemilik sepeda motor yang masih mengesampingkan hal ini. Alasannya pun bermacam-macam, mulai dari prioritas kebutuhan, malas pergi ke bengkel, motor jarang dipakai, hingga murni karena ketidaktahuan.

Dilansir dari situs resmi Suzuki, oli motor wajib diganti jika sudah menempuh jarak 2500-3000 km. Sementara untuk motor yang jarang dipakai oli wajib diganti sesuai dengan lamanya motor tersebut disimpan, tapi biasanya per 6-12 bulan. 

Motor yang jarang ganti oli tidak langsung kerasa begitu saja dampaknya, namun bertahap sesuai dengan beratnya kerusakan yang timbul. Makin parah kondisinya, akan makin sulit pula untuk ditangani. Berikut 5 dampak yang akan timbul akibat jarang ganti oli motor. 

1. Motor jadi tidak nyaman saat dikendarai

Dampak pertama yang dirasakan yaitu munculnya rasa tidak nyaman saat sedang mengendarai motor. Dari mulai terdengarnya suara bising dari bagian mesin, serta adanya getaran yang juga berasal dari bagian mesin. Bukan cuma membuat tak nyaman saja, jika hal tersebut tidak segera ditangani lama-kelamaan akan berakibat fatal bagi mesin.

Bunyi dan getaran tersebut terjadi karena adanya gesekan keras antar mesin. Gesekan ini bisa terjadi karena volume oli kurang, serta kodisi oli sudah menghitam (kotor). Akibatnya mesin harus bekerja ekstra sehingga menimbulkan bunyi yang tidak enak didengar. Sementara jika oli rajin diganti, gesekan antar mesin akan berkurang karena oli dalam keadaan baik dan volumenya cukup.

2. Fungsi mesin pada motor terganggu

Seperti yang sudah disinggung di atas, oli yang sudah lama tidak diganti bakal memengaruhi kinerja mesin motor. Pasalnya oli bertugas untuk meminimalisir terjadinya gesekan keras antar mesin. Selain itu oli juga berperan sebagai pendingin mesin yang fungsinya untuk meredam panas pada mesin agar tidak terjadi overheating

Kalau hal tersebut sudah terjadi, tentunya kamu bisa repot dikarenakan kinerja motor menjadi tidak maksimal. Belum lagi jika ada komponen yang rusak, misalnya kepala silinder melengkung akibat gesekan, tentunya kamu harus rela merogoh kocek yang pastinya tidak sedikit demi memperbaiki si kuda besi.

3. Mesin motor sering mati tiba-tiba

Dampak lain yang akan kamu rasakan yaitu motor mati secara tiba-tiba, padahal tidak ada angin ataupun hujan. Mengalami motor mati tiba-tiba memang tidak jadi masalah kalau kamu masih disekitaran rumah, apalagi kalau ada bengkel disekitarnya. Tetapi akan berbahaya kalau mesin motormu mati saat di jalan raya yang jauh dari bengkel. 

Oke lah kalau motor masih bisa didorong, namun lain ceritanya kalau mengalami kejadian piston macet (piston ngancing). Banyak orang yang dibuat panas dingin ketika mengalami piston ngancing, terutama yang masih awam tentang motor. Pasalnya hal tersebut membuat ban jadi tidak mau berputar baik maju ataupun mundur. Peristiwa ini terjadi karena oli mesin kering sehingga mesin pun mengalami overheat. Solusi terbaiknya yaitu dengan memanggil orang bengkel ke lokasi.

4. Akibatnya motor jadi turun mesin

Istilah turun mesin atau overhaul menjadi momok yang paling ditakuti oleh para pemilik sepeda motor. Walaupun ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan motor turun mesin, namun kebanyakan terjadi akibat telat ganti oli. Jika motor sudah mengalami turun mesin, dikatakan bahwa kualitas motor tersebut tidak lagi seratus persen seperti awal mula dikeluarkan (menurut seorang teman mekanik).

Beberapa pengendara sangat menghindari permasalahan ini sebab biaya perawatannya terbilang cukup mahal. Hal ini dikarenakan adanya spare part motor yang mesti diganti, untuk motor bebek minimal biaya yang harus dikeluarkan berkisar Rp 200 ribu-an. Harga segitu belum termasuk biaya penggantian suku cadang yang rusak. Semakin banyak yang rusak, maka biaya yang dikeluarkan pun akan semakin mahal.

Tetapi perlu diketahui, ganti spare part bukan berarti membuat motormu kembali jadi bagus seperti sediakala. Karena ada kemungkinan kalau spare part yang baru tidak jauh lebih baik daripada yang lama. Dan akan tambah buruk kalau yang menanganinya bukan mekanik profesional.

5. Harga motor anjlok

Selain kelengkapan surat-surat, kondisi motor juga menjadi faktor penentu harga jual motor. Semakin banyak kerusakan yang pernah dialami, maka makin merosot pula harganya, terlebih lagi kalau motor sudah mengalami turun mesin. Jadi jangan kaget ataupun tersinggung kalau motormu ditawar dengan harga jauh di bawah pasaran. Dan yang paling parahnya, motor malah sulit untuk dijual, karena jadi pertimbangan tersendiri bagi calon pembeli.


Gimana, sudah kapok jarang ganti oli? Sebelum hal-hal seperti di atas terjadi, alangkah baiknya untuk selalu merawat motor dengan baik, minimal ganti oli secara rutin. Dibanding dengan biaya servis, harga oli jauh lebih murah, tidak sampai Rp 50 ribu.

Sumber foto: suzuki.co.id

Blog authors

Afif Dalma
Afif Dalma
I'm a fast learner individual who loves the world of technology include: digital marketing, graphic design, blogging and programming.

13 comments

  1. Dodi
    Dodi
    December 10, 2023
    Yang paling kerasa itu, motor jadi gk ada tenaga nya wkwk
  2. Nurfadhilah Bahar
    Nurfadhilah Bahar
    December 09, 2023
    Ini yang dialami sama motorku sekarang wkwkw. Saking jarangnya ganti oli, motorku klo dipake kayak gak enak gitu rasanya. Terkadang juga mesinnya sering mati. Harus lebih rajin lagi deh ganti oli
  3. Arni
    Arni
    December 09, 2023
    Aku tuh baru ganti oli sebulan yang lalu, tapi belakangan ini pas lagi dikendarai mesin motor sering mati tiba-tiba. Biasanya saat gasnya agak turun atau melewati polisi tidur. Apakah itu artinya kudu ganti oli lagi?
  4. Nasha
    Nasha
    December 08, 2023
    gak paham motor tapi ngerti kl punya apa2 tu ya dirawat sebelum rusak parah malah makin nyusahin. mending berkala service, ya ganti oli salah satunya, drpd (naudzubilla) sampe turun mesin
  5. Adhi Hermawan
    Adhi Hermawan
    December 07, 2023
    Suka banget sama thema blognya... Kalau urusan kendaraan, ganti oli emng gak boleh dispelein. Aku pernah lupa ganti oli sampe olinya kering.. Pernah turun mesin, makanya aku skrng lebih hati2 kalau sampai lupa ganti oli bisa berabe..
  6. Okti Li
    Okti Li
    December 07, 2023
    Bener banget, pengalaman buruk saya nih (jangan ditiru) gara gara malas ke mekanik dan bengkel, itu kendaraan ga diservis, oli ga dicek... Eh lagi jalan motor tiba-tiba mati. Malu banget... Pas si Abang bengkel bilang lagi ini gak pernah perawatan? Katanya jangan muka aja yg dirawat, motor juga... Aduh beneran malu itu
  7. Agustina Purwantini
    Agustina Purwantini
    December 07, 2023
    BTW aku sesungguhnya gak paham sepeda motor sih. Cuma gini, saya pernah mbonceng almarhum bapak dulu, pas masih sekolah. Eh motor mogok. Dibawa ke bengkel dan orang bengkelnya bilang kalau olinya kering.
  8. Yonal Regen
    Yonal Regen
    December 06, 2023
    Bener banget ini. pernah lupa ganti oli dan kemudian baru tersadarkan pas ngerasa koq motor nya jadi kurang nyaman ya pas dipakenya. Eh, ternyata memang lupa waktunya ganti oli
  9. Catcilku
    Catcilku
    December 04, 2023
    Saya, termasuk yang jarang service dan ganti oli. Karena jarang dipakai juga motornya. Kalau sering dipakai sih pasti service
  10. Ikrom Zain
    Ikrom Zain
    January 26, 2022
    Paling parah emang bisa sampai turun mesin'
    makanya sekarang punya jadwal sendiri kalau mau ganti oli
    bisanya ada pikiran eh tar aja deh
    pas dipakai terus jadi ngadat dan mogok deh huhu
  11. Show more
  12. Anita Makarame
    Anita Makarame
    January 25, 2022
    Saya termasuk yang menyerahkan ke dealer resmi sesuai jadwal service. Soalnya kalau ga gitu memang suka lupa. Hehe
  13. Andrie K.
    Andrie K.
    January 25, 2022
    Wahh aku pernah tuh kayak gini, lagi jalan jauh tiba-tiba mati gak tau kenapa. Padahal bensin full, ban dalam keadaan aman.. Jadi kayak gak bisa di gas gitu, ternyata udah jarang banget ganti oli.. Kelamaan ditinggal, pas dipake lupa diganti huhu
    1. Afif Dalma
      Afif Dalma
      January 25, 2022
      harus cepet-cepet dibawa ke dealer/bengkel tuh mas untuk dicek.. motorku juga pernah ngalamin hal serupa, habis biaya lumayan banyak buat servicenya..
Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)