Genei Ryodan: Sejarah, Misteri, Anggota dan Fakta Unik yang Jarang Diketahui

Afif Dalma
December 08, 2022
0 Comments

Genei Ryodan atau Phantom Troupe adalah organisasi kriminal yang dikenal dengan aksi pembunuhan dan pencurian di seri Hunter x Hunter. Organisasi ini memiliki 13 anggota dengan Chrollo Lucilfer sebagai pemimpinnya.

Setiap anggotanya memiliki kemampuan Nen yang sangat berbahaya. Selain itu, anggota Genei Ryodan juga memiliki tato laba-laba bertuliskan nomor yang menunjukkan identitas masing-masing dari mereka. 

Meskipun organisasi ini dikenal brutal dan sadis. Siapa sangka kalau tarnyata terdapat kisah pilu yang menjadi cikal bakal terbentuknya Genei Ryodan.

Ada momen di masa lalu yang membuat Chrollo dan anggota lainnya sepakat membentuk organisasi ini. Berikut artikel tentang sejarah, misteri, anggota dan fakta unik dari organisasi Genei Ryodan.

Disclaimer artikel ini mengandung spoiler!

Sejarah terbentuknya Genei Ryodan

Sebagian besar anggota Genei Ryodan berasal dari daerah yang sama yaitu kota Ryuseigai (Meteor City), sebuah tempat misterius yang sudah ada sejak 1500 tahun lalu. Sejauh ini Ryuseigai merupakan kota tertua yang diperkenalkan di seri Hunter x Hunter.

Meski demikian keberadaan kota ini justru tidak dianggap oleh pemerintah dunia. Selain itu, pemerintah juga merahasiakan segala informasinya mengenai wilayah tersebut. Ironisnya kota Ryuseigai malah dijadikan tempat penampungan orang-orang buangan dari negara lain.

Alhasil para penduduk kota Ryuseigai tidak memiliki rekam jejak pribadi sehingga membuat mereka sulit untuk dilacak. Karena hal itulah banyak pelaku kriminal yang lahir di kota tersebut. 

Sebelum Genei Ryodan terbentuk, Chrollo dan beberapa anggota lainnya menghabiskan masa kecil mereka di kota Ryuseigai. Chrollo kecil merupakan sosok yang cerdas, periang, serta peduli terhadap teman-temannya. Saat itu dia juga menjadi yang terlemah di antara yang lainnya karena memiliki tubuh kecil.

Nama Ryodan (Troupe) awalnya dicetuskan oleh Pakunoda sebagai identitas dari kelompok dubber Clean-Up Ranger. Akan tetapi mereka belum memutuskan nama depannya. Kelompok ini terdiri dari Chrollo, Pakunoda, Uvogin, Shalnark, Franklin, Machi, Feitan, Nobunaga, Sheila, dan Sarasa.

Sampai suatu hari terjadi sebuah tragedi penculikan dan mutilasi terhadap Sarasa. Saat itu hanya Chrollo yang mengetahui kebenaran dibalik tragedi tersebut. Dia pun lantas mempertegas bahwa dalam 3 tahun kedepan dirinya akan menjadi seorang penjahat paling ditakuti. Keputusannya tersebut justru didukung oleh rekan-rekannya.

Chrollo sempat meminta Uvogin untuk menjadi pemimpin kelompok, tetapi ia menolak. Uvo dan yang lainnya sepakat kalau Chrollo yang paling cocok jadi ketuanya. Dari semua anggota Ryodan hanya Sheila yang tidak ikut bergabung.

Hal tersebut menjadi salah satu misteri yang mengundang rasa penasaran penggemar. Banyak yang berpsekulasi bahwa Pariston Hill adalah Sheila yang sedang menyamar. Sebab jika diperhatikan wajah keduanya memang benar-benar mirip.

Pada akhirnya mereka meneggunakan nama Genei Ryodan untuk melancarkan aksinya. Selain dibentuk untuk tujuan balas dendam, Genei Ryodan juga berperan sebagai pelindung kota Ryuseigai.

Anggota Genei Ryodan

Seperti yang sudah disebutkan pada poin di atas, Genei Ryodan memiliki 13 anggota yang masing-masing memiliki tato laba-laba dengan nomor berurutan. 

Seiring berjalannya cerita, Genei Ryodan sudah berkali-kali mengganti anggotanya. Kebanyakan anggota Genei Ryodan mati dalam pertempuran. Bahkan saat ini anggotanya hanya tinggal tersisa 10 orang. Adapun berikut daftar lengkap anggota Genei Ryodan:

Anggota saat ini

1. Chrollo Lucilfer (No. 0)

2. Nobunaga Hazama (No. 1)

3. Feitan Portor (No. 2)

4. Machi Komacine (No. 3)

5. Kalluto Zoldyck (No. 4)

6. Phinks Magcub (No. 5)

7. Franklin Bordeau (No. 7)

8. Shizuku Murasaki (No. 8)

9. Bonolenov Ndongo (No. 10)

10. Illumi Zoldyck (No. 11)

Mantan anggota

1. Omokage (No. 4) - Mati

2. Hisoka Morow (No. 4) - Keluar

3. Shalnark (No. 6) - Mati

4. Belum diketahui (No. 8) - Mati

5.  Pakunoda (No. 9) - Mati

6. Uvogin (No. 11) - Mati

7. Kortopi (No. 12) - Mati

Aturan unik dalam organisasi

Meskipun sejatinya Genei Ryodan adalah organisasi penjahat, tetapi mereka tetap memiliki peraturan tersendiri dan berpegang teguh pada aturan tersebut. Sebagai pemimpin, Chrollo memiliki hak penuh dalam memutuskan segala hal yang harus dilakukan di dalam organisasi.

Kemudian sesama anggota Ryodan dilarang untuk saling bertikai. Jika terdapat perselisihan atau perbedaan pendapat, mereka diharuskan mencari jalan keluar menggunakan lempar koin dan keputusan si pemenang harus diterima oleh seluruh anggota.

Untuk masalah perekrutan anggota juga tidak seketat organisasi pada umumnya. Siapapun bisa bergabung dengan Genei Ryodan dengan syarat dapat mengalahkan anggota yang masih aktif. Atau ketika ada anggota yang gugur, seseorang bisa langsung menggantikannya dengan sedikit pertimbangan dari ketua. 

Sedang diburu oleh Hisoka dan Kurapika

Saat ini Genei Ryodan sedang terlibat konflik dengan Hisoka dan Kurapika. Bahkan di arc terbaru yaitu ekspedisi Dark Continent, ketiganya masih saling kejar-kejaran.

Seperti diketahui, alasan Kurapika memburu Ryodan adalah untuk membalaskan dendam suku Kurta yang dibantai secara sadis oleh organisasi tersebut. Disisi lain Ryodan juga mengejar Kurapika karena telah membunuh Uvogin.

Sementara alasan Hisoka memburu anggota Ryodan satu per satu yaitu untuk memastikan agar Chrollo tidak bisa menggunakan skill-skill merepotkan yang ia pinjam. Hal ini merupakan buntut dari kekalahan Hisoka atas Chrollo di Heavens Arena.

Sama seperti Kurapika, Hisoka juga diburu oleh Ryodan karena telah membunuh Shalnark dan Kortopi. Uniknya baik Kurapika, Hisoka dan Genei Ryodan sama-sama berada di kapal Black Whale. Namun Kurapika masih belum mengetahui keberadaan Ryodan yang sedang mengejar Hisoka di kapal tersebut.  

Akhir dari Genei Ryodan

Nasib Genei Ryodan dikatakan bakal berakhir buruk. Hal ini turut dikonfirmasi oleh sang mangaka Yoshihiro Togashi. Dalam sebuah interview beberapa tahun yang lalu, ada seorang penggemar yang bertanya mengenai nasib Genei Ryodan dan Kurapika kedepannya.

Togashi lantas menjawab bahwa mereka semua bakal mati. Meski begitu dia tidak menjelaskannya secara detail. Tetapi dari sini bisa kita asumsikan bahwa kemungkinan karakter Kurapika juga bakal dimatikan.

Sementara beberapa anggota Genei Ryodan sendiri memang diramalkan akan mati. Mungkin sisanya yang selamat bakal dibantai langsung oleh Hisoka. Atau ada juga kemungkinan Hisoka dan Kurapika melakukan team-up.

Jika melihat manga chapter terbaru, ada indikasi bahwa Nobunaga yang kemungkinan besar menjadi korban selanjutnya. 

Itu dia sederet informasi tentang Genei Ryodan yang baru terungkap saat ini. Artikel ini akan terus diupdate seiring berjalannya manga Hunter x Hunter.

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)