8406c5836449ef6744c85d57eb1dcbc06e6a18607d81025719e8a3a20ba72aa394e929e6fb7b62ca

Daftar Pokemon Legendaris - Legendary Pokemon (Kanto-Alola)

September 24, 2019 By: Muhammad Afif Dalma - Add Comment

Sebentar lagi serial anime Pokémon Sun and Moon akan segera berakhir (tamat), dan "kemungkinan" Pokémon bakal memasuki series baru yaitu Pokémon Sword and Shield. Oleh sebab itu di artikel kali ini saya ingin membuat rangkuman Pokémon legendaris dari generasi pertama (Kanto) hingga generasi ketujuh (Alola). Namun yang akan dibahas disini hanya yang versi animenya, karena saya tidak memainkan semua gamenya, jadi takutnya latar belakangnya akan berbeda :v.

Apa sih Pokémon legendaris itu? Yaitu Pokémon yang sangat langka yang keberadaannya bisa dibilang ada dan bisa dibilang tidak, dengan kekuatan yang tak perlu ditanyakan lagi. Dalam serial animenya, Pokémon legendaris biasanya muncul di episode spesial atau movie, namun terkadang juga muncul di episode seriesnya. Berikut adalah Pokémon legendaris dari generasi pertama hingga generasi ketujuh.


Pokémon Legendaris Kanto

Pokémon Legendaris yang berada di wilayah Kanto merupakan Pokémon Legendaris generasi pertama, yang artinya mereka adalah Pokemon-Pokemon legendaris pertama yang diperkenalkan dalam series Pokemon.

1. Legendary Birds


Legendary Birds merupakan Pokémon Legendaris yang terdiri dari Articuno, Zapdos, dan Molters. Ketiganya merupakan burung mitos yang menguasai pulau Shamouti. Legendary Birds pertamakali muncul pada film Pokémon - The Power of One. Legenda lokal mengatakan jika ketiganya bentrok, maka akan terjadi pertarungan yang hebat dan hanya Lugia yang bisa menghentikannya. Selain itu nama dari ketiga Pokemon ini juga memiliki arti dalam bahasa Spanyol.
  • Articuno"Artic", merujuk pada daerah geologis (daerah kutub), dan "uno" berarti satu.
  • Zapdos = "Zap", serangan yang terkait dengan listrik, dan "dos" berarti dua.
  • Moltres = "Molt", berasal dari molten (lelehan), dan "tres" berarti tiga.

2. Mewtwo


Meskipun memiliki perawakan yang hampir sama, tetapi keduanya jelas memiliki sebuah perbedaan. Mewtwo merupakan Pokémon yang diciptakan oleh ilmuwan menggunakan genetik dari Mew, atau bisa dikatakan Mewtwo merupakan clone dari Mew yang diperkuat.

Pokémon Legendaris Johto

Berikutnya Pokémon generasi kedua terdapat di wilayah Johto, yang mana terdapat dua kelompok yaitu Binatang buas Legendaris (Legendary Beasts) dan Dua Pilar (Tower Duo).

1. Legendary Beasts


Legendary Beast merupakan Pokémon Legendaris yang berbentuk hewan sejenis kucing. Sebelum menjadi Pokémon Legendaris mereka bertiga hanyalah Pokemon biasa yang mati karena terperangkap dalam suatu bencana. Namun Ho-oh menghidupkan ketiga Pokemon tersebut dan menjelma menjadi Pokemon yang berbeda. Mereka terdiri dari :
  • Entei (melambangkan api yang menghanguskan menara)
  • Suicune (melambangkan air hujan yang memadamkan api)
  • Raikou (melambangkan petir yang menghanguskan menara)

2. Tower Duo


Ho-oh dan Lugia dikenal sebagai pelindung langit (Guardian of Skies) dan pelindung lautan (Guardian of Seas). Mereka berdua sebelumnya tinggal di kota Ecruteak, namun karena suatu alasan Lugia pun melarikan diri ke pulau Whirlpool, sementara Ho-oh pergi mencari trainer berhati murni. Disisi lain Ho-oh menjadi pemimpin dari Legendary Beasts, sementara Lugia menjadi pemimpin dari Legendary Birds.

Pokémon Legendaris Hoenn

Selanjutnya adalah Pokémon Legendaris generasi ketiga yang berada di wilayah Hoenn. Di generasi ketiga ini Pokémon Legendaris mengambil peran yang lebih besar dalam alur cerita. Terdapat beberapa kelompok Pokémon Legendaris antaralain Legendary Titans, Eon Duo, dan Weather Trio. Serial anime untuk generasi ketiga ini berjudul Pokémon the Series: Ruby and Sapphire.

1. Legendary Titans


Legendary Titans atau juga dikenal sebagai Trio Golem terdiri dari tiga Pokemon berbentuk golem, yaitu Regirock, Registeel, dan Regice. Menurut legenda Hoenn ketiganya diciptakan oleh master mereka yaitu Regigigas. Ketiga pokemon ini menggambarkan tiga zaman dalam kehidupan manusia, yaitu zaman batu, zaman es, dan zaman besi.

2. Eon Duo


Latias dan Latios merupakan Pokemon kakak-beradik yang legendaris dan berbentuk seperti burung dengan kedua sayap yang menyerupai sayap pesawat. Mereka bisa terbang lebih cepat dari pesawat jet dengan menyelipkan sayapnya dengan lengan depan. Selain itu mereka juga dapat berbagi penglihatan yang merupakan kekuatan psikis mereka.

3. Weather Trio


Weather Trio merupakan Pokemon legendaris kuno yang menurut legenda Hoenn mereka dapat mengubah bentuk susunan bumi, dimana Kyogre dapat memanggil hujan dan menciptakan laut, sementara Groudon menggunakan panas untuk mengusir hujan dan memperluas daratan. Kedua Pokemon ini bentrok setiap kali mereka bertemu, dan hanya bisa dihentikan oleh Rayquaza yang tinggal di atmosfer. 

Pokémon Legendaris Sinnoh

Di generasi keempat berfokus di wilayah Sinnoh, dimana jumlah Pokemon legendaris pada generasi keempat ini jauh bertambah banyak dibandingkan generasi-generasi sebelumnya. Series Pokemon generasi keempat ini berjudul Pokémon the Series: Diamond and Pearl.

1. Lake Guardians


Penjaga Danau (Lake Guardians) istilah yang digunakan untuk tiga Pokemon legendaris yang berada di tiga danau Sinnoh. Lake Guardians diciptakan oleh Arceus, mereka antaralain Uxie, Mesprit dan Azelf. Ketiganya merupakan Pokemon bertipe psikis yang mewakili pengetahuan, emosi, dan kemauan. 

2. Trio Creation


Creation Trio merupakan Pokemon legendaris yang memiliki wujud naga, oleh sebab itu mereka juga dijuluki dengan istilah Dragon Trio. Ketiga Pokemon ini antaralain, Dialga si penguasa waktu, Palkia si penguasa ruang, dan Giratina si pengendali antimateri. Menurut legenda Sinnoh ternyata Creation trio juga diciptakan oleh Arceus.

3. Heatran


Heatran merupakan Pokemon legendaris ini tinggal di gunung berapi. Meskipun Heatran diciptakan berbarengan dengan Palkia, Dialga dan Giratina, namun Heatran tidak termasuk kedalam Trio Creation karena kekuatannya tidak berkonstribusi dalam membentuk ruang dan waktu. Uniknya lagi, Heatran merupakan satu-satunya Pokemon legendaris yang memiliki gender perempuan dan laki-laki. 

4. Regigigas


Regigigas menjadi satu-satunya Pokemon legendaris dengan tipe Normal hingga saat ini. Ia merupakan pencipta dari Regirock, Registeel dan Regice, yang membuatnya menjadi master dari Trio Golem. Legenda Sinnoh juga mengatakan bahwa Regigigas menarik benua ke posisi saat ini.

Pokémon Legendaris Unova

Selanjutnya kita akan mengenal Pokemon legendaris yang muncul di wilayah Unova, yang merupakan generasi kelima. Terdapat tiga kelompok Pokemon legendaris di generasi kelima ini. Serial anime untuk generasi kelima adalah Pokémon the Series: Black and White

1. Swords of Justice


Swords of Justice merupakan kelompok Pokemon legendaris yang mirip seperti ksatria. Kelompok ini pertamakali muncul di film Kyurem vs the Swords of Justice, terdiri dari Cobalion, Terrakion, Virizon, dan Keldeo. Mereka ada untuk melindungi Pokemon yang kehilangan tempat tinggal karena ulah manusia. Masing-masing anggota memiliki tipe petarung dengan tipe sekunder sesuai dengan nama mereka masing-masing.
  • Cobalion, "Cobalt" merujuk pada tipe baja.
  • Terrakion, "Terra" merujuk pada tipe tanah.
  • Virizion, "Viridian" merujuk pada tipe rumput.
  • Keldeo, "Kelpie" merujuk pada tipe air.

Pokémon Legendaris Kalos

- Coming Soon

Pokémon Legendaris Alola

- Coming Soon

View: - Tags: Anime